Tips Melancong Sendirian

Bagi Anda yang bekerja di kota padat dan bertemu dengan keramaian seorang diri, mengambil cuti untuk bepergian seorang diri bisa menjadi momentum untuk membuat pikiran tenang.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 21 November 2015  |  12:08 WIB
Tips Melancong Sendirian
Melancong sendirian - theauthorportal.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Bagi Anda yang bekerja di kota padat  dan bertemu dengan keramaian seorang diri, mengambil cuti untuk bepergian seorang diri bisa menjadi momentum untuk membuat pikiran tak tegang, dan melepas kepenatan.

Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk bebas melakukan apa yang Anda inginkan.

Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan keamanan saat pergi jauh seorang diri. Berikut hal yang harus Anda perhatikan bila harus bepergian seorang diri, seperti dikutip dari huffingtonpost, Sabtu (21/11/2015)

  1. Pantau berita lokal

Seperti orang bijak bilang, “.Apakah Anda bepergian dengan teman atau sendirian, backpacking di Eropa atau pergi keluar saat malam di kota lingkungan Anda sendiri , Anda hanya dapat mengendalikan diri  sendiri dan bukan orang lain."

Ini seperti  mengendarai mobil. Anda dapat mengontrol keterampilan Anda di jalan , tapi Anda tidak pernah bisa memprediksi bahaya seperti tingkah  pengemudi lain yang bisa saja menyebabkan kecelakaan.

Karena itu, selalu ikuti perkembangan berita lokal di tempat tujuan. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pastikan seseorang tahu keberadaan Anda

Bepergian seorang diri bukan berarti Anda sama sekali lepas dari dunia luar. Untuk keamanan perjalanan Anda sendiri, pastikan untuk selalu memberi kabar pada minimal seseorang, apakah itu Ibu, pacar, paman, atau seseorang yang dekat dengan Anda.  

Paling tidak beritahu mereka jadwal penerbangan Anda, hotel di mana Anda menginap beserta alamat dan nomor teleponnya.

3. Buatlah salinan dokumen 

Untuk keamanan, pastikan Anda membuat salinan dari dokumen penting seperti paspor,  SIM, dan KTP. Tinggalkanlah dokumen asli di hotel tempat Anda menginap atau tempat yang menurut Anda aman. Lalu bawalah salinannya di dompet. Dengan demikian, bila dompet Anda dicuri, Anda masih memiliki dokumen aslinya.

4. Kemasan praktis

Packing yang  terlalu banyak  tidak hanya memberatkan beban Anda , tetapi juga memperlambat gerak. Semakin sedikit barang yang Anda bawa, semakin mudah untuk bergerak cepat. Siapa tahu nantinya Anda harus berada dalam situasi darurat  yang membutuhkan gerak cepat?

5. Hindari penampilan mencolok

Penampilan seorang turis dapat terlihat dari jarak satu mil, dari kamera mewah yang besar, peta besar yang dipegang dengan ekspresi bingung. Hindarilah menggunakan perhiasan mewah dalam jumlah banyak. Lebih baik tinggalkan barang tersebut di rumah.

Jika Anda tersesat, cobalah untuk kembali melihat sekeliling. LIhatlah peta, tapi lakukan itu di tempat yang aman, dan cobalah untuk tidak terlihat bingung.

6. Buat pertemanan baru 

Salah satu hal yang tak terelakkan dari bepergian seorang diri adalah bahwa Anda akan bertemu dengan beberapa teman baru yang menyenangkan. Inilah salah satu kelebihan solo travelling. Pergilah, bersenang-senang dan berjelajah dengan mereka, tetapi tetap berhati-hati dengan barang Anda. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
travelling, tips travel

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top