Expedia
Travel

Expedia Beli HomeAway Senilai US$3,9 Miliar

John Andhi Oktaveri
Kamis, 5 November 2015 - 11:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Expedia Inc sepakat untuk membeli situs rental wisata HomeAway Inc senilai US$3,9 miliar dalam bentuk dana tunai dan saham untuk memperkuat posisinya dalam menghadapi kompetisi dengan perusahaan penyewaan apartemen Airbnb.

Expedia, biro pemesanan perjalanan wisata online terbesar dunia, memperkirakan akan menandatangani kesepakatan itu pada kuartal pertama 2016 setelah memenuhi segala bentuk aturan.

Perusahaan itu menyatakan, bahwa kesepakatan tersebut akan mengganggu pendapatannya per saham hingga tahun depan, namun untuk jangka panjang akan kembali stabil. Berita itu menandai akuisisi terbesar dalam sejarah Expedia setelah pada tahun lalu perushaan itu membeli Orbitz Worldwide Inc senilai US$1,3 miliar dan Travelocity seharga US$280 juta.

Lebih penting lagi, kesepakatan tersebut akan memperkuat pasar perhotelan alternatif, sebuah pasar dengan nilai sekitar US$100 miliar bagi Expedia. Perusahaan itu sepakat untuk membayar sekitar 20 % lebih tinggi di atas harga saham HomeAway sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (5/11/2015).

Saham Expedia langsung naik hampir 3% setelah berita itu. Meski Expedia saat ini memasarkan kamar hotel, atau tumpang tindih dengan Airbnb, namun sejumlah analis mengingatkan bahwa kompetisi di sektor industri pariwisata antara Expedia dan perusahaan baru itu akan semakin ketat pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro