Dorong Pariwisata, Ini 5 Lokasi Wisata di Flores, NTT

Pemerintah Provisnis Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan dapat terus meningkatkan pariwisata. Pemprov NTT menegaskan memiliki banyak lokasi wisata kelas dunia yang bisa dinikmati masyarakat.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 Oktober 2015  |  17:57 WIB
Dorong Pariwisata, Ini 5 Lokasi Wisata di Flores, NTT
Danau Kelimutu di NTT - indonesia.travel

Bisnis.com, JAKARTA-- Pemerintah Provisnis Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan dapat terus meningkatkan pariwisata. Pemprov NTT menegaskan memiliki banyak lokasi wisata kelas dunia yang bisa dinikmati masyarakat.

Frans Lebu Raya, Gubernur NTT, mengatakan sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan NTT. Pariwisata memiliki efek berantai karena akan mendorong sektor lain seperti kerajian, industri kreatif, kuline, dan lainnya.

"Di NTT terdapat banyak sekali destinasi-destinasi wisata dunia, destinasi yang pantas dan layak dinikmati oleh dunia," ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini.

Lebu Raya menyebutkan beberapa lokasi wisata di NTT. Bisnis mencoba menghimpun beberapa lokasi wisata yang terletak di Pulau Flores, NTT:

 

1) Labuan Bajo

Labuan Bajo terletak di ujung paling barat Pulau Flores. Akses ke Labuan Bajo dapat ditempuh dengan penerbangan dari Bali ataupun Kupang. Taman Nasional Komodo menjadi magnet wisata ibu kota Kabupaten Manggarai Barat ini.

Selain komodo, wisata di Labuan Bajo juga menawarkan banyak pantai yang bisa dinikmati berkat pulau pulau kecil di sekitarnya. Beberapa lokasi yang telkenal antara lain Pantai Pede dan Pink Beach.

2) Wae Rebo

Perkampungan tradisional Wae Rebo terletak di barat daya kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai. Untuk mencapai lokasi butuh perjuangan keras karena harus mendaki pegunungan.

Kampung Wae Rebo menawarkan pesona rumah tradisional Manggarai yang terletak di puncak pegunungan. Deretan rumah adat berbentuk kerucut yang bersellimutkan kabut menjadi pemandangan yang siap menanti wisatawan.

3) Kampung Bena

Kampung Bena terletak di Kabupaten Ngada, dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dari Bajawa, ibu kota kabupaten Ngada. Kampung Bena merupakan salah satu adat kampung paling tua di Ngada.

Kampung Bena menawarkan deretan rumah adat yang tertata rapi dengan latar belakang Gunung Inerie. Jika beruntung di Bena, pengunjung dapat menyaksikan pratik tenun tradisional masyarakat.

4) Taman Laut 17 Pulau Riung

Taman Laut 17 Pulau Riung merupakan salah satu lokasi wisata yang masih alami. Terletak di Kabupaten Ngada, lokasi ini dapat ditempuh dari Bajawa atapun Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo.

Taman Laut 17 Pulau Riung menawarkan deretan pulau-pulau kecil yang dihiasi oleh kelelawar dan diapiti oleh barisan terumbu karang yang indah. Jika beruntun di Riung juga dapat menemukan sejenis komodo dengan ukuran yang lebih kecil.

5) Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan danau tiga warna yakni biru, hijau, merah. Namun, air di danau ini bisa berubah warna tergantung aktivitas vulkanik Gunung Kelimutu.

Berlokasi di Moni, Kabupaten Ende, Danau Kelimutu dapat diakses dari kota Ende. Waktu paling ideal untuk menikmati keindahan Danau Kelimutu ialah pagi hari jelang matahari terbit sehingga dapat menyaksikan pemandangan lainnya dari puncak gunung sebelum diselimuti kabut.

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
flores, destinasi wisata

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top