Seorang turis tengah melihat pemandangan pantai dari ketinggian/www.berau.at
Travel

Asita Ingatkan Pelancong Gunakan Biro Perjalanan Legal

Natalia Indah Kartikaningrum
Rabu, 21 Oktober 2015 - 15:18
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR-- Asita Bali mengimbau kepada siapa pun yang melakukan perjalanan dalam negeri maupun luar negeri sebaiknya menggunakan jasa agen perjalanan yang jelas legalitasnya.

Ketua Asita Bali, I Ketut Ardana, mengatakan bahwa lebih penting lagi menggunakan jasa agen perjalanan anggota Asita Bali yang sudah pasti legal, diawasi oleh pemerintah, profesional, serta mempunyai kualitas yang baik.

"Seperti kasus beberapa mahasiswa Universitas Udayana yang tertipu oleh sebuah travel agent yang bukan anggota Asita akhir-akhir ini. Mereka memilih karena harga yang lebih murah, namun untuk mengatur sebuah kelompok dalam perjalanan itu tidak cukup harga murah saja, harus jelas juga dalam penanganannya," terangnya, Rabu (21/10/2015).

Pihaknya meminta kepada pemerintah agar lebih berani lagi  menindak tegas agen perjalanan yang nakal atau ilegal di Bali.

"Jadi pemerintah harus aktif mencari travel agent yang ilegal. Sekarang ini banyak sekali travel agent yang hanya bermodalkan satu laptop saja sudah menjual paket tur. Itu bisa merusak kualitas pelayanan pariwisata, baik yang inbound maupun yang outbound," paparnya.

Menurutnya, masih banyak sekali yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk membantu pelaku-pelaku pariwisata legal, yang membayar pajak, dan taat pada peraturan yang berlaku.

"Seperti sidak yang harus dilakukan lebih sering, misalnya brosur-brosur yang ditampilkan di bandara I Gusti Ngurah Rai itu perlu disidak legalitasnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro