Danau Buyan Tamblingan.
Travel

Wisata Bali Utara, Jangan Lupa Kunjungi Buleleng Dive Festival

Ropesta Sitorus
Sabtu, 17 Oktober 2015 - 05:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kawasan Bali Utara kini berupaya berbenah dan menggelar sejumlah even penarik minat turis agar mereka tidak hanya terkonsentrasi di wilayah Bali Selatan yang saat ini sudah mulai dipadati wisatawan.

Sebagai langkah strategis mempromosikan pariwisata Bali Utara yang kaya akan wisata bahari, pemerintah menggelar festival Bali Buleleng Dive Festival yang akan dilaksanakan pertama kali pada 23-26 Oktober 2015 di Desa Pemuteran Buleleng, Bali Utara.

Bupati Bali Utara Putu Agus Suradnyana mengatakan festival tersebut dirancang untuk menarik kunjungan wisatawan sekaligus upaya mempromosikan kekayaan potensi wisata Bali Utara.

“Kabupaten Buleleng biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada bulan Juli, Agustus dan September. Kami melakukan upaya agar saat low season bisa tetap ramai, salah satunya dengan Buleleng Dive Festival ini,” kata dia di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Sejumlah agenda menarik dirancang selama event tersebut, antara lain under water, restocking, painting, workshop, pemasangan bio rock, pameran kelautan, kuliner, serta gerakan gemar makan ikan.

Putu Agus berujar, Bali Utara sudah mempersiapkan diri untuk menyambut wisatawan. Dari segi potensi wisata, kawasan ini memiliki terumbu karang yang sangat indah dan sudah beberapa kali mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional.

Selain sebagai titik selam, Buleleng juga terkenal dengan berbagai objek wisata seperti Pura Pulaki, Pucak Sinunggal, Danau Buyan Tamblingan, dan air terjun Gitgit.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti  berharap festival ini dapat digelar rutin setiap tahun.

Dia berujar agenda Buleleng Dive Festival yang diproyeksikan menarik minat para diver dunia akan mampu mendongkrak wisata bahari Indonesia.

“Buleleng sangat kaya akan potensi kelautan dan saya yakin even pertama yang akan digelar rutin setiap tahun ini akan membantu pencapaian targe devisa Rp4 miliar dari wisata bahari pada 2019,” kata dia.

Selama tahun 2014, ada 663.826 wisatawan ke Buleleng terdiri dari 372.814 domestik dan 291.012 asing. Jumlah ini naik dibandingkan tahun 2013 yang mencapai 638.147 wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro