Perahu melintas di kawasan objek wisata Karst Rammang-Rammang, Kecamatan Bontoa, Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (5/8). Objek wisata Rammang-Rammang berada di gugusan pegunungan kapur (karst) Maros-Pangkep dengan trip menelusuri sungai menggunakan perahu. Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Travel

Nikmati Karst Maros dalam Festival Karst 2015

Dimas Novita Sari
Jumat, 16 Oktober 2015 - 12:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bersiaplah menikmati keindahan Kawasan Karst Maros-Pangkep (KKMP) di Provinsi Sulawesi Selatan dalam Festival Karst 2015 yang diselenggarakan di Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung pada 16 November 2015.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Jumat (16/10/2015), acara yang juga bertepatan dengan Hari Konferensi Warisan Dunia itu dimulai dengan berkemah di kawasan karst.

Kemudian dilanjutkan dengan penayangan video pemecahan rekor MURI untuk ekspedisi gua terpanjang di Indonesia yaitu Gua Salukang Kallang sepanjang 12.463 km, juga penelusuran gua terdalam di Indonesia yang memadukan 14 gua dengan total kedalaman 1.682 meter.

Pemecahan rekor ditujukan agar gua terpanjang tersebut terpublikasi sebagai destinasi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Dalam acara itu akan dideklarasikan penyelamatan KKMP sebagai warisan dunia. Festival Karst 2015 pun sekaligus meresmikan skyline bridge dan flying fox terpanjang di Sulawesi.

KKMP merupakan kawasan karst terluas kedua di dunia, setelah China dengan luas 40 hektar. Lansekap uniknya terbentuk dari pegunungan batu gamping yang tinggi menjulang.

Tidak hanya memanjakan mata, tempat itu juga surga bagi petualang karena adrenalin pemanjat tebing ditantang untuk menaklukkannya. Selain itu, di kawasan ini pun terdapat ratusan gua yang siap menantang penggemar caving.

Selain itu, gua-gua di KKMP juga memiliki nilai sejarah yang tinggi karena beberapa di antaranya merupakan situs peninggalan sejarah. Barang-barang yang ditemukan di gua-gua tersebut di antaranya gerabah, perkakas dari batu, mata panah, cangkang kerang, bahkan lukisan prasejarah di dinding gua.

KKMP terletak di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Lama perjalanan dari Makassar ke Maros adalah 30 menit dan rutenya sudah didukung oleh jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro