Ilustrasi/Jibiphoto
Travel

Pariwisata Jadi Andalan Mata Pencaharian Warga Bunaken

Newswire
Senin, 12 Oktober 2015 - 06:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan mengatakan hampir 85 persen warga di Kelurahan Bunaken Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata.

"Sebagian besar warga di Bunaken menggantungkan mata pencahariaannya di sektor pariwisata," kata Robert di Manado, Senin. Robert mengatakan ada tiga tempat di Bunaken yang menjadi pusat wisatanya yakni di Pantai Liang, Bunaken dan Pantai Panalisang.

"Di tempat-tempat tersebut masyarakat banyak melakukan aktivitas usahanya baik penginapan atau resort, outlet-outlet penjualan souvenir, makanan dan jasa lainnya," jelas dia. Ia berharap masyarakat di Bunaken dapat menjaga iklim yang baik sehingga sektor pariwisata akan terus berkembang dan mampu meningkatkan taraf hidup warga, juga peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Peter Jacobs mengatakan dengan kondisi saat ini yakni perlambatan ekonomi dan rupiah maka sektor pariwisata diyakini mampu bertahan dan meningkatkan perekonomian daerah. "Kendati terjadi perlambatan secara global, namun melalui sektor pariwisata mampu meraup devisa yang lebih besar lagi," jelasnya.

Sehingga sinergitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat sangat diperlukan dalam mengembangkan sektor pariwisata di Sulut. "Pemerintah baik pusat maupun daerah harus memberikan porsi yang lebih besar terhadap alokasi dana baik APBN maupun APBD untuk mengembangkannya," jelas Peter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro