Lokasi Waduk Jatigede yang mulai terisi air setelah dimulainya penggenangan di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (1/9)./Antara-Akbar Nugroho Gumay
Travel

Waduk Jatigede Bakal Jadi Lokasi Wisata

Newswire
Selasa, 6 Oktober 2015 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendorong potensi daerah Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang menjadi objek wisata yang memiliki daya tarik menarik dan memberikan manfaat untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat.

"Di Sumedang ada Jatigede yang baru digenangi, artinya pemerintah akan sangat konsen untuk menjadikan Jati Gede itu menjadi objek wisata," kata Pelaksana Teknis Kepariwisataan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Keli Suyantoro dalam acara sosialisasi pariwisata di Sumedang, Selasa.

Ia menuturkan, Waduk Jatigede memiliki daya tarik untuk dijadikan pariwisata danau seperti Waduk Cirata di Kabupaten Bandung Barat.

Menurut dia, objek wisata tersebut akan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar dengan menjadi pelaku pariwisata.

"Warga yang tadinya petani sekarang didorong untuk mendapatkan penghasilannya dengan menjadi pelaku pariwisata," katanya.

Selain mendorong Waduk Jatigede, kata Keli, Dinas Pariwisata Jabar juga mendorong objek pariwisata lainnya di Sumedang seperti wisata religi dan budaya dengan situs bersejarahnya.

Dukungan meningkatkan potensi pariwisata itu, kata dia, dilakukan melalui program Sapta Pesona dan Sadar Wisata untuk Kabupaten Sumedang.

"Program mensosialisasi Sapta Pesona dan Sadar Wisata ini bukan hanya di Sumedang, tapi kegiatannya di 27 kabupaten di Jawa Barat," katanya.

Ia berharap program itu dapat memberdayakan masyarakat untuk berwirausaha dalam rangka memanfaatkan potensi pariwisata.

"Kami ingin masyarakat diberdayakan, menjadi pelaku wisata, karena selama ini ekonomi kreatif masyarakat kurang bergairah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro