Danau Hambema./telkomsel.com
Travel

Inilah 10 Danau Tertinggi di Indonesia

Dimas Novita Sari
Selasa, 22 September 2015 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Indonesia juga dikaruniai gunung-gunung yang menjulang tinggi. Keindahan gunung-gunung itu juga dilengkapi dengan danau air tawar yang berdiam di dataran tinggi tersebut.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Selasa (22/9/2015), berikut 10 danau air tawar tertinggi di Indonesia.

1. Danau Habema (3.321 mdpl)
Berada di tengah lembah yang sangat indah di Pegunungan Trikora, Papua, danau tersebut berada di ketinggian 3.321 meter di atas permukaan laut. Danau Habema sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak Trikora. Danau itu memberikan pemandangan indah yakni Puncak Trikora dengan lingkungan yang dikelilingi vegetasi alam pegunungan berupa anggrek.

2. Danau Kumbang (2.702 mdpl)
Danau Kumbang terletak di Gunung Masurai, Jambi. Di daerah gunung Masurai terdapat dua danau yaitu danau Kumbang dan danau Mabok. Dari danau Kumbang kita bisa melihat keindahan alam hutan hujan Sumatra dan gagahnya Gunung Kerinci.

3. Danau Ranu Kumbolo (2.469 mdpl)
Kaki Gunung Semeru memiliki tiga danau, akan tetapi Ranu Kumbolo merupakan danau paling sering dikunjungi dibandingkan dua lainnya oleh pendaki yang hendak mendaki Puncak Semeru. Danau tersebut berada di ketinggian 2,469 meter di atas permukaan laut dengan suhu 1-5 derajat Celcius pada malam hari.

4. Danau Ranu Regulo (2.256 m)
Selain Ranu Kumbolo, Gunung Semeru juga memiliki danau indah lainnya yakni Ranu Regulo. Lokasi danau tersebut tidak jauh dari Ranu Pani, danau yang juga berada di kaki Gunung Semeru.

5. Danau Tage (2.192 mdpl)
Danau Tage teletak di Kabupaten Paniai, atau sekitar 5 km dari Ibukota Painai-Madi, Papua. Untuk menikmati keindahan alamnya Anda harus menempuh perjalanan yang cukup menantang karena harus menaiki speedboat hingga berjalan kaki naik dan turun gunung selama 30 menit.

6. Danau Ranu Pani (2.162 m dpl)
Dari tiga danau yang ada di kaki Gunung Semeru, Ranu Pani merupakan danau dengan ketinggian terendah setelah Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo.

7. Danau Segara Anak (2.010 mdpl)
Keindahan Danau Segara Anak tersembunyi di dalam kawah besar Gunung Rinjani, Pulau Lombok. Danau itu kerap menjadi tempat peristirahatan oleh pendaki Gunung Rinjani. Selain merupakan sumber air terbanyak di gunung itu, Danau Segara Anak memiliki pemandangan yang menakjubkan. Di tengah danau itu juga terdapat Gunung Barujari yang masih aktif.
 
8. Danau Gunung Tujuh (1.983 mdpl)
Danau Gunung Tujuh adalah salah satu dari banyak danau di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Danau tersebut merupakan tempat wisata yang menakjubkan untuk dikunjungi. Lokasi Danau Gunung Tujuh ialah di Kecamatan Kayu Aro, sekitar 50 km dari Sungai Penuh ke Desa Pelompek.
 
9. Danau Anggi Gigi (1.953 mdpl)
Anggi Gigi adalah danau yang terletak di Pegunungan Arfak pada ketinggian sekitar 1.953 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggiannya tersebut, danau tersebut memiliki suhu dengan kisaran 8-20 derajat Celcius. Selain itu, Danau Anggi juga memiliki pemandangan yang indah dengan bukit-bukit kurva yang tertutup tanaman sub-alpine.
 
10. Danau Tigi (1.948 mdpl)
Berada di ketinggian 1.948 meter diatas permukaan laut di Kabupaten Paniai, Papua, Danau Tigi memiliki sebuah pulau kecil ditengahnya seperti danau Toba di Sumatera. Uniknya, di pulau kecil itu terdapat batu dengan sebuah jejak manusia dan anjing. Masyarakat setempat menggambarkan jejak tersebut sebagai pertahanan hidup di alam liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro