Bengkulu Jadikan Rafflesia Ekowisata Andalan

Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengatakan, keberadaan hutan tropis yang merupakan habitat bunga langka rafflesia bisa menjadi objek ekowisata andalan daerah bila dikelola dengan baik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 September 2015  |  16:35 WIB
Bengkulu Jadikan Rafflesia Ekowisata Andalan
Dua warga memotret bunga Rafflesia (Rafflesia Arnoldii) yang sedang mekar di Hutan Lindung Bukit Daun Register V Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Minggu (1/4/2014). - Antara/Helti Marini S

Bisnis.com, BENGKULU-- Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengatakan, keberadaan hutan tropis yang merupakan habitat bunga langka rafflesia bisa menjadi objek ekowisata andalan daerah bila dikelola dengan baik.

Dikatakan, keunikan puspa langka itu dapat dijadikan sebagai objek wisata minat khusus atau ekowisata yang semakin diminati wisatawan asing maupun domestik.

Rafflesia anoldii
, salah satu jenis bunga rafflesia dan Amorphophallus titanum atau lebih dikenal dengan sebutan bunga bangkai merupakan dua puspa terbesar di dunia yang merupakan bagian dari kekayaan hutan hujan tropis Sumatera, termasuk Bengkulu.

"Syarat utama adalah melestarikan hutan yang menjadi habitat bunga rafflesia dan bunga bangkai," kata Junaidi.

Dia mengharapkan simposium internasional bunga rafflesia dan amorphopallus yang digelar di Kota Bengkulu dapat menghasilkan rencana aksi pengembangan dan pemanfaatan bunga rafflesia untuk pembangunan Bengkulu, terutama bidang konservasi dan wisata.

Simposium yang berlangsung pada 14 September hingga 16 September 2015 itu diikuti para peneliti dan kelompok masyarakat serta pelaku wisata.

Gubernur juga mengharapkan forum yang mempertemukan para pakar bunga langka itu juga dapat menghasilkan kalender rafflesia yakni satu panduan jadwal mekar bunga dalam setahun sehingga memudahkan promosi wisata.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Rudi Perdana mengatakan keberadaan bunga rafflesia tidak dapat dipisahkan dari wisata Bengkulu.

"Keberadaan rafflesia menginspirasi kami untuk menggelar Festival Bumi Rafflesia, setiap tahun," katanya.

Menurut Rudi, keunikan empat jenis bunga rafflesia masih dapat dinikmati di hutan tropis Bengkulu.

Selain jenis Rafflesia arnoldii, Bengkulu juga memiliki tiga jenis lainnya yakni hasselti, gadutensis, dan bengkuluensis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
EKOWISATA, rafflesia

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top