Warga Suku Dayak Landak mengikuti Karnaval Khatulistiwa 2015 di depan Rumah Adat Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8)./Antara
Travel

Karnaval Khatulistiwa Agenda Tahunan Kalbar

Newswire
Selasa, 8 September 2015 - 13:10
Bagikan

Bisnis.com, PONTIANAK-- Pemkot Pontianak siap menjadikan Karnaval Khatulistiwa menjadi agenda tahunan untuk mendongkrak minat wisatawan berkunjung ke Pontianak dan Kalimantan Barat (Kalbar) umumnya.

"Kami siap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar menyukseskan Karnaval Khatulistiwa pada tahun-tahun mendatang," kata Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa (8/9/2015).

Kegiatan budaya dengan tema Karnaval Khatulistiwa yang baru selesai digelar akhir Agustus 2015, berjalan sukses lancar, sehingga Pemkot Pontianak dan Pemprov Kalbar akan terus menggelar kegiatan itu untuk memajukan wisata.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya menyatakan, kegiatan Karnaval Khatulistiwa yang dilaksanakan sebagai puncak peringatan HUT ke-70 RI di Kota Pontianak masuk dalam rekor dunia sebagai festival laut dan darat.

"Kita sangat bangga, karena dengan waktu yang singkat, hanya dua minggu, namun bisa menyelenggarakan kegiatan sebesar dan sukses itu. Bahkan yang lebih membanggakan kegiatan Karnaval Khatulistiwa ini masuk dalam rekor dunia," katanya.

Dijelaskan, awalnya kegiatan itu sudah mendapat penghargaan dari Musim Rekor Indonesia. Namun, saat penyerahan penghargaan itu beberapa waktu lalu, Ketua MURI Jaya Suprana mengatakan bahwa penghargaan MURI tersebut dibatalkan karena juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia.

Christiandy menambahkan, pendiri MURI Jaya Suprana hadir langsung untuk menyerahkan penghargaan kepada Mensesneg Pratikno.

Karnaval Khatulistiwa sendiri berhasil menyabet gelar rekor MURI sebagai Karnaval Khatulistiwa Terakbar dengan menampilkan 293 kendaraan hias, 251 kapal hias, serta dimeriahkan oleh 5.896 peserta yang tampil dan menyajikan atraksi memukau selama karnaval berlangsung.

"Penghargaan itu didapat karena Karnaval Khatulistiwa dianggap sebagai festival paling meriah. Bahkan lebih meriah dari karnaval yang dilaksanakan di Brasil, dilihat dari adanya karnaval darat dan laut dan juga mendapat antusias yang besar dari masyarakat, karena pada saat kegiatan, dilihat dari dokumentasi yang ada dihadiri oleh puluhan ribu masyarakat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro