Festival Serayu Banjarnegara/budparbanjarnegara.com
Travel

Festival Serayu Banjarnegara Kembali Digelar Pada 26-30 Agustus 2015

Dimas Novita Sari
Jumat, 7 Agustus 2015 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Setelah sukses pada gelaran pertamanya, Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2015 hadir kembali pada 26-30 Agustus 2015 di Alun-alun Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dikutip dari Wonderful Indonesia, Jumat (7/8/2015), beberapa kegiatan akan ditampilkan pada Serayu Expo yakni Pesta Parak Iwak dan Parade Budaya. Ada pula acara pendukung seperti Banjar Banjir Dawet, lomba fotografi, Banjarnegara Bershalawat, dan Kongres Sungai.  

Serayu Expo juga menghadirkan pameran produksi Usaha Mikro Kecil menengah, produk pertanian, perikanan, peternakan. Selain kegiatan expo, akan diramaikan pula dengan pentas seni yang tidak hanya menampilkan seni tradisional Banjarnegara, namun juga seni tradisional dari daerah lain di Jawa Tengah.
 
Berikut jadwal acara pada Serayu Expo:

1. Banjarbanjirdawet (26 Agustus 2015)

Kegiatan tersebut akan berlangsung di Stadion Kolopaking Parakancanggah Banjarnegara. Dawet ayu telah menjadi ciri khas Banjarnegara. Minuman manis dan menyegarkan itu akan dihidangkan gratis bagi wisatawan di tengah perhelatan Festival Serayu Banjarnegara.  Puluhan pikulan dawet akan menyajikan aneka jenis dawet seperti dawet lele, dawet lidah buaya, dawet ubi ungu, dawet ganyong, dan lainnya yang murni hasil kreativitas masyarakat Banjarnegara.

2. Parak Iwak (30 Agustus 2015)

Berlangsung Sungai Serayu, Singomerto Banjarnegara, Pesta Parak Iwak merupakan bentuk kesadaran untuk nguri-uri merawat dan melestarikan Sungai Serayu, sekaligus sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Gelaran Pesta Parak Iwak akan dikemas secara apik, kreasik, unik dan akrab. Wisatawan dapat ikut dalam kegiatan Parak Iwak, makan bersama serta menikmati hiburan Seni Budaya Banjarnegara.

3. Gelar Seni (15-21 Agustus 2015)

Acara ini akan digelar di Alun-Alun Kota Banjarnegara. Gelaran seni ini untuk mendukung dan memeriahkan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara. Akan ditampilkan beragam seni unggulan daerah berupa kesenian tradisional, seni kontemporer, dan seni modern yang dikemas dalam satu paket menarik.

4. Lomba Fotografi (26-30 Agustus  2015)

Festival Serayu 2015 akan dijadikan sebagai objek lomba yang diadakan di Stadion Kolopaking Parakancanggah Banjarnegara.

5. Parade Budaya (29 Agustus 2015)

Digelar di di Alun-Alun Banjarnegara, parade itu akan dilakukan pada malam hari dengan tatanan cahaya yang menarik dengan menampilkan kraeativitas seni dan buadaya yang diangkat dari tradisi Banjarnegara. Adapun tema yang akan ditampilkan seperti Batik Carnaval, Dawet Ayu, Brenong Kepang, dan lainnya.

6. Banjarenegara Bershalawat (27 Agustus 2015)

Acara itu merupakan kegiatan ungkapan rasa syukur dan pujian untuk Sang Pencipta yang telah memberikan kemakmuram dan kesejahteraan bagi Banjarnegara.
 
7. Kongres Sungai Indonesia (29 Agustus 2015)

Dengan tema Merawat Serayu Merawat Peradaban, kongres ini akan diikuti oleh para pemangku dari sungai-sungai besar di Indonesia untuk mengisi acara berupa aksi hijau, ekspresi sungai berupa pidato, monalog, pantomim, teather, tari, dan film. Akan ada juga pameran dengan peserta dari BPDAS, Balai Besar Wilayah Sungai, Perguruan Tinggi, LSM, Komunitas Sungai, dan perseorangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro