Selain masyarakat Kabupaten Banjarnegara, Festival Budaya Dieng turut melibatkan kelompok warga dari sepuluh desa di Dataran Tinggi Dieng. /Dieng.id
Travel

FESTIVAL DIENG Bakal Kebanjiran Lebih dari 50.000 Pelancong

Dini Hariyanti
Selasa, 28 Juli 2015 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia penyelenggara Festival Budaya Dieng memperkirakan acara rutin di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah tahun ini bakal dipadati lebih dari 50.000 pelancong.

Festival Budaya Dieng yang digelar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara tahun ini merupakan acara kelima. Pelaksanaannya pada 31 Juli - 2 Agustus 2015.

Koordinator Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Fauzi menyatakan akan digelar berbagai pertunjukan seni tradisi, napak tilas, sampai gelaran jazz selama 3 hari di kawasan Candi Arjuna, Dieng.

Selain itu ada pula kegiatan minum minuman khas Dieng, Purwaceng, secara massal. Panitia juga menjadwalkan penerbangan balon, festival lampion, dan yang paling ditunggu adalah ritual pencukuran rambut anak gembel di komplek candi tersebut.

"Pengunjung takkan banyak yang mengenal adanya batasan geografis di Dieng. Yang mereka butuh adalah layanan yang ramah, lingkungan yang bersih, dan pertunjukan yang baik," kata Alif mengutip siaran pers dieng.id, Senin (27/7/2015).

Selain masyarakat Kabupaten Banjarnegara, Festival Budaya Dieng turut melibatkan kelompok warga dari 10 desa di Dataran Tinggi Dieng. Kawasan ini terdapat di dua kabupaten, sebagian besar di wilayah Banjarnegara dan sisanya di wilayah Kabupaten Wonosobo. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro