Lontong Kupang/Bisnis.com-Peni Widarti
Kuliner

Lontong Kupang, Kuliner Khas Pesisir Surabaya

Peni Widarti
Senin, 20 Juli 2015 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA -- Menikmati sejuknya semilir angin laut tepat di bawah Jembatan Suramadu belum terasa pas jika tak mencoba kuliner khas pesisir Surabaya dan Madura.

Lontong Kupang, begitu nama kuliner ini dikenal di masyarakat. Makanan yang satu ini juga bisa dijumpai di sekitar Pantai Kenjeran Surabaya, Madura dan juga Kota Sidoarjo.

Teriknya matahari memang cukup menggoda hasrat untuk segera mencicipi makanan berbahan dasar kupang beras atau hewan laut sejenis tiram atau kerang ini. Hewan laut supermini ini bisa dijumpai ditepian laut dangkal berombak kecil, terutama di bebatuan pantai dan sekitar ganggang laut.

Tak sulit membuat makanan gurih yang satu ini. Kupang laut hanya direbus bersama bumbu penyedap rasa dan bawang goreng hingga menghasilkan kaldu.

Penyajiannya pun mudah, petis (bumbu olahan hasil laut) dicampur dengan perasan jeruk nipis dan potongan cabai, serta lontong, lalu disiram dengan kupang berserta kaldunya.

Depot Lesehan Pak Su'ep, adalah salah satu warung di bawah jembatan Suramadu yang menyajikan kuliner Lontong Kupang. Di warung ini, seporsi lontong kupang dihargai hanya Rp7.500.

Sebagai penawar agar tidak keracunan, es degan (kelapa muda) wajib diminum setelah mengkonsumsi lontong kupang, karena tidak semua perut manusia tawar terhadap makanan laut ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro