WISATA LEBARAN: Ini Grand Canyon ala Semarang

Kota Semarang ternyata memiliki sebuah tempat dengan panorama spesial di Kecamatan Tembalang.
Oktaviano DB Hana | 18 Juli 2015 15:57 WIB
'Brown Canyon' di Semarang. - Oktaviano DB Hana

Bisnis.com, SEMARANG - Kota Semarang ternyata memiliki sebuah tempat dengan panorama spesial di Kecamatan Tembalang.

Saat ini objek menarik yang berada di antara Kelurahan Rowosari dan Meteseh itu lebih dikenal dengan nama Brown Canyon.

Keeksotisannya telah terbukti dengan banyaknya orang yang berkunjung. Di jejaring sosial,sudah setahun belakangan tempat ini ramai digunjingkan.

Tidak ketinggalan, lokasi ini pun menjadi objek liputan sebuha program wisata di salah satu televisi nasional.

Lantas, apa yang menarik dari Brown Canyon?

Namanya, yang seolah menjadi plesetan dari Taman Nasional Grand Canyon, pun sudah sedikit menggambarkan keistimewaannya.

Sekilas, lokasi itu memang nampak seperti Grand Canyon, taman nasional dengan hamparan tebing-tebing terjal dengan ngarai nan dalam di utara Arizona, Amerika Serikat.

Brown canyon menghadirkan keindahan panorama alam dengan jajaran tebing-tebing menjulang dengan gradasi coklat yang tentunya sangat menarik untuk dipandang. Tebing yang tinggi itu pun berpadu dengan sejumlah lekukan jurang cukup curam.

Tidak mengherankan lokasi ini seolah menjadi surga bagi pencinta fotografi dan bagi masyarakat Kota Semarang yang sekedar ingin mengabadikan gambar diri berlatar objek fenomenal tersebut.

Salah satu pengunjung Brown Canyon, Roberto Purba, mengaku pertama kali mendapat info mengenai keunikan alam tersebut melalui jejaring sosial. "Sejak setahun terakhir gambar lokasi ini ramai di jejaring sosial," ungkapnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Selama Ramadan 2015, jelasnya, Brown Canyon pun seakan menjadi tempat yang ideal untuk ngabuburit bagi masyarakat dari berbagai penjuru 'Kota Lumpia'.

Kendati tengah digandrungi masyarakat, Brown Canyon ternyata bukanlah objek wisata alamiah, layaknya Grand Canyon yang merupakan pegunungan purba.

Brown Canyon merupakan hasil dari proyek tambang galian C atau pasir dan batu. Dulunya, tempat tersebut merupakan hamparan perbukitan biasa.

Namun seiring perjalanan waktu, proses penggalian pasir, penggalian tanah urug dan batu pun menyisakan tebing dan ngarai. Kegiatan pertambangan itu pun masih berlangsung hingga saat ini.

Meskipun begitu, para pengunjung tetap dapat menikmati panorama tersebut.

Dari Simpang Lima , Brown Canyon dapat dijangkau melalui jalur Ahmad Yani-Lamper Tengah-Kedung Mundu Raya-Sambiroto Raya-Elang Raya-ke kiri perempatan Pasar Meteseh.

Tag : kota semarang, objek wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top