Sroto/Ilustrasi-id.wikipedia.org
Kuliner

Astaga, Orang Makassar Suka Makan 'Saudara'

Sukirno
Sabtu, 18 Juli 2015 - 20:34
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — Mencengangkan, ketika mengetahui masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan sangat suka makan saudara. Apakah itu bentuk kanibalisme? 

Ternyata, saudara yang dimaksud bukanlah sebuah hubungan kekerabatan seperti saudara kandung atau saudara tiri dan lainnya. Masyarakat Makassar memiliki kuliner khas bernama "Sop Saudara".

Sup yang bumbu racikannya telah diwariskan secara turun temurun ini berasal dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Sebenarnya, sup ini adalah ‘saudara sepupu’ Coto Makassar.

Yup! Sop Saudara terinspirasi dari masakan tradisional Coto. Awalnya, sup ini bernama Coto Pariakatte yang artinya saudaran kemudian bergeser namanya menjadi Sop Saudara.

Masakan ini hampir mirip dengan soto atau masakan berkuah dengan daging sapi yang dihidangkan dengan bahan pelengkap lainnya. Daging sapi dihidangkan dalam bentuk dadu kecil dan dilengkapi dengan bihun, perkedel kentang, jeroan sapi dan telur rebus.

Akibat bumbu rempah yang cukup kaya, rasa Sop Saudara lebih gurih dan hangat. Biasanya, Sop Saudara diberi bumbu jahe, lengkuas, daun jeruk purut, pala, dan kayu manis.

Untuk menikmati Sop Saudara, hampir di sejumlah restoran baik besar maupun kecil di Makassar menyajikan menu ini. Biasanya, mereka juga menjual Sop Konro, Coto, hingga ikan bakar.

Jika berkunjung ke Makassar, sebaiknya tak lupa untuk mencoba kuliner khas Ibu Kota Sulawesi Selatan itu. Untuk kudapan, disarankan mencicipi Pisang Epe yang biasanya ada di sekitar Pantai Losari. Hmm, Yummy…!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro