Taman Laut Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara/Ilustrasi-en.wikipedia.org
Travel

Wisatawan Serbu Bunaken Saat Liburan, Ini Tarif Sewa Kapalnya

Lukas Hendra TM
Kamis, 16 Juli 2015 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - Ada pemandangan yang tak lazim pagi ini Kamis (16/7/2015) di lautan antara Pelabuhan Marina Manado dan Pulau Bunaken.

Dari arah Kawasan Boulevard Megamas dapat terlihat banyak sekali kapal yang tengah melintas atau keluar masuk Pelabuhan Marina.

Spontan, saya segera menuju pelabuhan tersebut. Memang tak tampak adanya antrean penuh di pelabuhan tersebut.

Namun, area parkir tampak mulai padat. Pada hari biasa, paling hanya ada 2-3 mobil, tetapi sekarang tampak ada 20 mobil yang tengah parkir. Selain itu juga tampak ada dua bus pariwisata berukuran sedang yang tengah parkir.

Saat saya mendekati lokasi parkir tersebut, tampak dua rombongan keluarga tengah menurunkan barang-barang seperti peralatan snorkeling dan renang.

Angie, salah seorang rombongan tersebut mengatakan momentum liburan seperti ini harus dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga.

"Membangun waktu berkualitas bersama keluarga sambil mengajarkan anak untuk lebih dekat mengenal alam sekitarnya," ujarnya, Kamis (16/7/2015).

Apalagi, lanjutnya, anak-anaknya yang masih kecil hobi berenang sehingga mereka bisa menyalurkan hobinya sambil berlibur bersama keluarga.

Sementar itu, Yahya salah seorang juru kemudi kapal mengatakan pagi tadi sekitar pukul 07.00 WITA memang banyak rombongan yang menuju Bunaken.

"Namun, ini masih belum terlalu penuh sesak. Bisa anda lihat masih banyak kapal yang siap memberangkatkan penumpang untuk menuju Bunaken maupun pulau-pulau lain," katanya.

Kendati demikian, dia mengungkapkan tidak ada perubahan tarif angkut menuju Bunaken. Untuk kapal kecil, lanjutnya, dibanderol Rp1 juta untuk sekali perjalanan PP yang mampu memuat 10 orang.

Bagi kapal yang lebih besar yang mampu menampung hingga 15 orang - 18 orang dibanderol Rp1,5 juta untuk perjalanan PP. "Kalau rombongan jadinya lebih murah," katanya.

Tarif tersebut belum baku sehingga Anda masih bisa melakukan tawar-menawar untuk memperoleh harga seminim mungkin.

Biasanya, para penyedia jasa angkutan tersebut akan melepas pada kisaran Rp800.000 hingga Rp900.000 untuk sekali perjalanan PP bagi kapal kecil.

Sementara itu, kapal besar akan dilepas pada kisaran Rp1,3 juta – Rp1,4 juta. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan tambahan dana untuk asuransi ke loket pelabuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro