Untuk tanggal 10, 11, 12 kamar kami sudah penuh. /Bisnis.com
Travel

Presiden Mantu, Kamar Hotel di Solo Penuh Dipesan Tamu

Newswire
Jumat, 5 Juni 2015 - 11:00
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Kamar hotel berbintang di Solo, Jawa Tengah, telah penuh dipesan oleh para tamu yang akan menghadiri resepsi pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda, pada 11 Juni 2015.

Sejumlah hotel berbintang di Kota Solo mengaku kehabisan kamar pada hari tersebut. Bahkan pada tanggal sebelum dan sesudah hari pernikahan, semua kamar telah habis dipesan, kata Public Relations Officer Lorin Solo Hotel Danik Medikawati kepada wartawan di Solo, Jumat (5/6/2015).

"Dari jauh hari kamar kami sudah banyak dipesan tamu Pak Jokowi. Kebanyakan dari kementerian. Mereka pesan 10 hingga 20 kamar. Ada yang pesan untuk digunakan mulai tanggal 6 Juni. Tapi yang paling ramai tanggal 9, 10, dan 11. Untuk tanggal itu kamar kami sudah habis," katanya.

Menyambut tamu-tamu presiden, pihaknya melakukan beberapa perbaikan fasilitas, baik di dalam maupun di luar kamar. Pengamanan di hotel juga akan ditingkatkan dengan cara mengintensifkan patroli satuan pengamanan internal hotel.

"Menu-menu tradisional khas Solo juga kami sajikan di restoran dan Kampung Ikan," kata Danik.

Persiapan yang sama juga dilakukan The Sunan Hotel Solo. Selain menyiapkan kamar yang akan disinggahi oleh para tokoh dan politikus nasional tamu Jokowi, pengelola hotel juga menyiapkan berbagai menu dan hiburan tradisional khas Solo.

"Kami akan menyambut para tamu dengan suguhan khas Solo. Karena para tamu nanti kan kebanyakan dari luar kota, jadi saat singgah di kota ini, mereka pasti mencari sesuatu yang khas dari Solo," kata Public Relations Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari.

Retno mengaku hotelnya sangat diuntungkan saat hajatan mantu Jokowi. Selain letaknya yang tak jauh dari kediaman dan gedung Graha Saba Buana tempat dihelatnya resepsi pernikahan, hotel bintang empat tersebut juga mempunyai fasitas yang representatif, sehingga menjadi pilihan tamu VVIP maupun VIP.

"Selain menu reguler, kami juga akan siapkan menu tambahan berupa angkringan atau Hik wedangan khas Solo, seperti nasi kucing, wedang jahe dan lain-lain. Ada juga serabi Solo dan musik tradisional siteran. Jadi, sambil menikmati makanan, para tamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu tradisional," katanya.

Tak hanya itu, oleh-oleh khas Solo berupa onde-onde sembilan rasa juga bisa diperoleh di hotel ini. Selain kulitnya berwarna-warni rasa onde-onde juga sangat renyah. Ada rasa pisang raja, pisang keju, kacang ijo, tape singkong, dan lainnya.

Mendekati hajatan besar putra Presiden Jokowi, Retno mengatakan tidak ada sisa kamar lagi di hotelnya. "Semua kamar sudah habis dipesan untuk tanggal 9, 10, dan 11 Juni dan sembilan puluh persen pemesan kamar di hotelnya merupakan tamu pernikahan Gibran-Selvi. Sedangkan sisanya merupakan wisatawan biasa," katanya.

Kondisi serupa juga dialami oleh hotel lainnya seperti Fave Hotel yang berada di Jalan Adi Sucipto. "Untuk tanggal 10, 11, 12 kamar kami sudah penuh. Sebagian besar memang tamu pernikahan mantu Pak Jokowi," kata Dhian Vita Mayasari, Public Relations Officer Fave Hotel.

Ia mengatakan untuk memanjakan para tamu, pihaknya menyiapkan berbagai menu tradisional. "Kami sudah biasa menyediakan menu wedangan khas Solo yang memang menjadi menu andalan kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro