The Samaya Bali di Ubud/tripadvisory.co.id
Travel

Begini Caranya agar Budaya Bali Tak Tergerus

Natalia Indah Kartikaningrum
Rabu, 3 Juni 2015 - 14:01
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR-- Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, mengungkapkan pariwisata budaya menjadi landasan konsep perkembangan pariwisata di Bali.

Pariwisata budaya merupakan pariwisata berbasis pada kemasyarakatan, berskala kecil, dan berkelanjutan.

"Tapi, di satu sisi kalau kami lihat realita pembangunan di wilayah selatan, itu sudah berbeda dengan pariwisata budaya yang kami maksud dan mengarah pada mass tourism, dan didukung target pemerintah seperti 20 juta wisatawan," paparnya saat ditemui di Denpasar, Rabu (3/6/3015).

Dikatakan, pihaknya telah memberi solusi untuk pembuatan klaster, agar jangan sampai merambat ke daerah lain. Bukan pariwisata budaya yang diubah.

"Seperti sekarang ini di Ubud ada city hotel yang sudah tumbuh. Biarlah klaster budaya di Ubud tetap bertahan," lanjutnya.

Dikatakan, ketika berbicara mengenai klaster, maka akan berbicara juga mengenai keseluruhan, seperti apa klaster atau karakteristik pada masing-masing daerah dan akan berpengaruh pada pendapatan masing-masing daerah juga.

"Sekarang bagaimana pemerintah atau gubernur Bali untuk mencari jalan keluar sisi klaster untuk daerah berkembang seperti Kuta dan Nusa Dua, tapi di sisi lain juga mendapatkan manfaat dari pariwisata daerah lain bukan hanya menjadi penonton saja," imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro