Gunung api Karangetang memuntahkan lava pijar, di Siau kepuluan Sitaro, Sulawesi Utara, Senin (11/5/2015) dini hari./Antara-Fiqman Sunandar
Travel

Menapaki Jejak Gunung Api Purba di Yogyakarta

Yanita Petriella
Minggu, 31 Mei 2015 - 01:59
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Bagi Anda yang berjiwa petualangan, Anda bisa mencoba wisata gunung Api Purba di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Gunung Api Purba Nglanggeran berjarak 22 kilometer Kota Wonosari, kawasan Gunung Nglanggeran, tersusun dari material vulkanik tua. Gunung tersebut diperkirakan pernah aktif pada 70 juta tahun lalu.

Wisata gunung Api Purba Nglanggeran ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba mendaki atau pendaki pemula. Tidak hanya itu, wisata gunung api ini juga menawarkan sensasi mendaki pada malam hari.

Pendaki malam hari ini biasanya ingin melihat pemandangan matahari terbit di puncak gunung.

Dengan jarak tempuh pendakian lebih kurang dua jam, wisatawan bisa menapaki puncak tertinggi gunung api purba itu
Gunung ini tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava, dan breksi andesit.

Pemandangan di sepanjang jalur pendakian sangat menawan yakni banyak terdapat bebatuan berukuran raksasa berpadu tumbuhan hijau serta jurang di beberapa bagian.

Untuk bisa menuju puncak atau melalui jalan lorong yang sempit karena berada di himpitan dua batu raksasa dan hanya bisa dilalui satu orang saja.

Gunung Nglanggeran memiliki lebih dari 28 mata air dan terdapat Goa Jepang yang mana memiliki sumber mata air yang tak pernah kering sepanjang masa.

Selain itu, terdapat sebuah danau berwarna biru yang cantik yakni Embung Nglanggeran, berada sisi gunung ini. Puncak gunung api ini dijuluki Gunung Gede yang berupa bongkahan batuan seluas setengah hektar. Jurang yang mengelilingi Gunung Gede ini merupakan bekas kawah dari gunung api purba.

Di pucuk tertinggi ini bisa melihat sebagian kota Yogyakarta, Klaten, dan Surakarta.

Tiket masuk Gunung Api Purba Rp 9.000, sedangkan tiket ke Embung Nglanggeran adalah Rp7.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro