BI menemukan sejumlah aspek yang perlu ditingkatkan untuk mendorong daya saing pariwisata Bali/Ilustrasi
Travel

PARIWISATA BALI: Ini Tantangan untuk Tingkatkan Daya Saing

Feri Kristianto
Rabu, 20 Mei 2015 - 09:45
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR-- Pemerintah daerah di Bali dituntut mencari solusi atas sejumlah kendala yang berpotensi mengancam kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian daerah.

‎Pasalnya, berdasarkan hasil survei mengenai indikator utama dalam industri pariwisata Bali yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan BI Bali, ditemukan sejumlah aspek yang perlu ditingkatkan untuk mendorong daya saing.

Ada 7 komponen dan 32 sub komponen indikator yang perlu kita tingkatkan, seperti keramahtamahan dan kebersihan lingkungan obyek wisata, ketersediaan alat transportasi dan tarifnya, infrastruktur pendukung berupa jalan raya, listrik, kemudahan visa, serta promosi internasional.

‎"Potensi pengembangan pariwisata Bali masih sangat menjanjikan, tetapi masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan," jelas Kepala Perwakilan BI Bali Dewi Setyowati, Rabu (20/5/2015).

Dewi menekankan daya saing pariwisata tidak hanya dibentuk oleh banyak faktor, melainkan juga melibatkan banyak pihak. Untuk itu komitmen bersama dari seluruh pihak untuk membangun keberlanjutan sektor pariwisata di Bali sangatlah diperlukan.

Selain faktor regional, kondisi situasi nasional juga ikut berpengaruh.‎ Faktor di nasional yang masih menjadi kendala seperti keberlangsungan lingkungan, deforestasi atau penggundulan hutan, adanya spesies yang membahayakan, keselamatan dan keamanan, terutama menyangkut terorisme.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro