Kota Melbourne/novotelmelbourne.com.au
Travel

Kota Melbourne Ramah untuk Kaum Difabel

Yanuarius Viodeogo
Selasa, 19 Mei 2015 - 17:45
Bagikan

Bisnis.com, MELBOURNE – Tak salah jika Melbourne, Ibu Kota negara bagian Victoria, Australia, sebagai salah satu kota yang dinilai ramah bagi penduduknya.

Seorang rekan jurnalis yang tengah berada di kota tersebut guna mengikuti kursus jurnalistik, Dian Lestari, mengutarakan tata kota Melbourne dirancang sangat bersahabat bagi penduduknya, bahkan bagi kaum difabel.

“Di trotoar jalan-jalan Kota Melbourne ada akses yang memudahkan kami untuk membantu sahabat yang difabel dengan kursi rodanya berjalan ke berbagai tempat,” kata Dian kepada Bisnis melalui surat elektronik, Minggu (17/5/2015).

Dia mengatakan, tepi trotoar dibuat landai, sehingga orang yang membantu mendorong tidak harus mengangkat kursi roda kala akan berpindah dari satu trotoar ke trotoar lainnya. Begitu pula dengan sarana transportasi, kata dia, juga dirancang dengan nyaman dan aman bagi pengguna kursi roda.

“Di depan pintu depan bus, di bagian lantainya terdapat tambahan lempengan logam yang bisa dilipat dan dibuka sebagai jembatan antara pintu dan trotoar,” katanya.

Bisnis pernah mengulas pada 2014, Kota Melbourne adalah kota yang paling layak huni di dunia berdasarkan liveability index diterbitkan oleh The Economist Intelligence Units (Rabu, 20/08/2014).

Ukuran yang dilakukan dengan mengukur kondisi kelayakan hidup di 140 kota di seluruh dunia dari aspek stabilitas, kesehatan, budaya, lingkungan, pendidikan dan infrastrukur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro