Jajaran Pagoda di Bagan, Myanmar/myanmartourism.org
Travel

Menjelajahi Keindahan Myanmar

Rivki Maulana
Sabtu, 16 Mei 2015 - 12:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bosan berlibur ke Singapura atau Thailand? Mungkin Myanmar patut dicoba untuk disinggahi.

Seperti Thailand, di negara bekas jajahan Inggris itu mudah dijumpai Pagoda. Ya, sekitar 85% penduduk Myanmar beragama Budha.

Pagoda jualah yang menarik hati Lalitya Hayuningtyas dan tiga kawannya pergi ke Myamar. "Penasaran sama negeri 1000 Pagoda alias Myanmar," katanya lewat pesan elektronik kepada Bisnis.com dari Yangon, Jumat malam (15/5/2015).

Bagan merupakan ibu kota dari Kerajaan Bagan yang mencapai masa jayanya pada abad 11. Unesco mencatat ada 2.230 pagoda di Bagan. Laman Myanmar Tourism Marketing menyebut, pagoda dibangun tanpa semen.

Lalitya mengatakan, selain Bagan, turis yang datang ke Myanmar biasanya akan mampir juga di Mandalay. Tentu saja, turis akan singgah juga di Yangon yang sejak 2005 sudah tidak lagi menyandang status ibu kota Myanmar.

Di Yangon, salah satu pagoda yang terkenal adalah Shwedagon Pagoda. Tinggi pagoda ini menjulang 99 meter dan berlapis. Pagoda ini juga diperkirakan dibandung 2600 tahun lalu, menjadikannya sebagai pagoda tertua di dunia.

Lantas, bagaimana cara pergi ke Myanmar? Lalitya berbagi cerita. Dia bisa ke negara yang dulu bernama Burma itu dengan lewat tiket promo sebuah maskapai penerbangan.

"Transit dulu ke Kuala Lumpur lalu lanjut ke Yangon," ujarnya. Perjalanan udara membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan 40 menit.

Untuk budget, Lalit bilang total pengeluarannya di Myanmar mencapai Rp3,6 juta. Dia merinci, Rp1,5 juta untuk tiket pesawat pulang-pergi dan Rp600 ribu untuk penginapan selama 3 malam.

"Biaya lainnya 1,5 juta," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro