Rio Dewanto Mau Kalahkan Kedai Kopi Asing

Aktor Rio Dewanto akan membuka kedai kopi untuk membudayakan kopi Indonesia.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 10 April 2015  |  10:37 WIB
Rio Dewanto Mau Kalahkan Kedai Kopi Asing
Aktor Chicco Jerikho (kiri) dan Rio Dewanto saat berbincang tentang film "Filosofi Kopi" yang mereka bintangi di Jakarta, Kamis (8/1). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Aktor Rio Dewanto akan membuka kedai kopi untuk membudayakan kopi Indonesia.

Menjamurnya kedai kopi asal luar negeri membuatnya prihatin. Selain memiliki kebiasaan minum kopi, suami Aktris Atiqah Hasiholan ini meyakini kedai kopi lokal berkontribusi membantu petani kopi di Tanah Air.

Bahkan, dengan cara ini pula membuat kopi menjadi salah satu komoditas utama. Kedai kopi miliknya di bilangan Jakarta Selatan akan siap melayani pecinta kopi seperti dirinya.

"Sekarang baru buka waffle sama coffee shop di Panglima Polim. Makanya, kopi Indonesia bisa jadi komoditas utama. Saat kita datang ke coffee shop lokal itu sama aja membantu petani," ujarnya saat ditemui Bisnis.com di Senayan City, Jakarta baru-baru ini.

Kedai kopi ini, tutur Rio, ditujukan untuk mengalahkan kedai kopi asing. Kedai kopi tersebut, menurutnya, hanya menjual fasilitas untuk mengambil keuntungan. Oleh karena itu, dia ingin menunjukkan daya saing kedai kopi dengan mengolah biji kopi lokal.

"Karena kita mau mengalahkan kedai-kedai kapitalis seperti mereka itulah yang hanya menjual konsep dan tempat dan wifi [wireless finder] untuk bisa ngambil keuntungan," katanya.

Pemain Film Filosofi Kopi ini mengaku telah mencicipi hampir seluruh jenis kopi asal Indonesia. Dua kopi favoritnya adalah kopi asal Aceh dan Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kedua kopi ini memiliki rasa pahit namun kadar keasamannya tidak terlalu tinggi. Kopi asal Flores, ujar Rio, terdapat rasa seperti kacang. Sedangkan, kopi Aceh mengeluarkan rasa biji kokoa.

"Yang paling gue suka adalah Flores dan Aceh Gayo. (Kopi asal) Flores itu dia ada rasa kacangnya, tapi kalau (kopi asal) Aceh Gayo ada rasa kokoanya," katanya lagi.

Kendati demikian, dia belum mau menyebut lebih banyak soal keunggulan kedai kopinya ini. Pasalnya, masih menunggu waktu yang tepat untuk peluncurannya.

"Kita nanti jelasin pas udah launching saja deh," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rio dewanto

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top