Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 6 Tips Bepergian Nyaman Saat Hamil

Dengan persiapan yang matang, perempuan hamil juga bisa traveling dengan nyaman.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 28 Maret 2015  |  18:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Kondisi hamil kadang membuat seorang calon ibu enggan berpergian atau membatalkan rencana jalan-jalan yang dirancang bersama suami, keluarga, atau teman-teman.

Padahal, dengan persiapan yang matang, perempuan hamil juga bisa traveling dengan nyaman.

Berikut enam tips yang dapat dicoba ibu hamil agar bisa berpergian dengan asyik dengan tetap menjaga kehamilan.

1. Persiapkan Perjalanan dengan Matang.

Sebelum merencanakan perjalanan, sebaiknya seorang ibu hamil berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksakan kesehatan diri dan janinnya.

Kehamilan usia 36-38 minggu sebaiknya tidak melakukan perjalanan jarak jauh karena sudah mendekati waktu persalinan.

Perlu juga diperhatikan jadwal kunjungan ke dokter dan kebijakan maskapai penerbangan apabila berpergian dengan pesawat.

2. Pilihkan destinasi domestik.

Jalan-jalan ke luar negeri saat ada tiket promo tentu sangat menggiurkan.

Tetapi bagi calon ibu, sebaiknya memilih destinasi wisata di dalam negeri. Pasalnya, ibu hamil sangat rentan mengalami ketidaknyamanan saat perjalanan jarak jauh.

Destinasi wisata pantai dengan pasir putih yang cocok untuk berenang santai atau melakukan yoga menjadi pilihan yang menarik. Sedangkan berwisata sambil diving tidak boleh dilakukan.

3. Bawalah medical record

Sebagai antisipasi, data medis harus dibawa selama perjalanan wisata. Hal ini sangat penting apabila terjadi kondisi medis yang mengharuskan ibu hamil dirujuk ke pusat pelayanan medis, seperti rumah sakit. Bawa pula obat-obatan yang direkomendasikan dokter.

4. Berpergianlah dengan mobil

Perjalanan udara menggunakan pesawat memang makan waktu yang lebih singkat. Tapi bagi ibu hamil, moda transportasi yang paling baik adalah dengan menggunakan mobil atau via darat.

Dengan moda transportasi darat, tindakan medis dapat tertangani dengan lebih cepat. Sebagai tips, pakailah safety belt di bawah perut, sehingga mengunci pinggul dan tidak menekan payudara maupun perut.

5. Bawalah camilan sehat 

Minum air yang cukup saat traveling sangat penting bagi ibu hamil. Menurut America Pregnancy Association, ibu hamil harus minum 8-12 gelas air per hari. Camilan sehat juga sangat direkomendasikan, seperti sekotak kismis, buah-buahan, atau wortel mini.

6. Lakukan peregangan

Dalam perjalanan, usahakan untuk menyempatkan diri melakukan relaksasi dan peregangan otot. Hal ini penting bagi ibu hamil untuk menjaga aliran darah tetap lancar dan menghindari kaki yang bengkak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling ibu hamil bepergian

Sumber : huffingtonpost.com

Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top