Ilustrasi/
Travel

Gubernur Sumut Ikut Nimbrung, 200 Pesepeda akan Keliling Kaldera Toba

Yoseph Pencawan
Senin, 23 Maret 2015 - 23:11
Bagikan
Bisnis.com, MEDAN - Komunitas Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) akan mengelar Geo Bike Caldera Toba pada 10-12 April mendatang.
 
Kegiatan yang akan dilakukan mengelilingi Kawasan Danau Toba ini masuk dalam rangkaian kegiatan HUT Provinsi Sumatera Utara ke-67.
 
"Kegiatan Geobike ini juga akan menyajikan paket seni pertunjukan wisata," ungkap Manager Program Irwansyah Harahap usai menemui Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Senin (23/3/2015).
 
Dijelaskannya, Geo Bike yang bertujuan mempromosikan Geopark Kaldera Toba itu menempuh rute perjalanan : Bandara Udara Silangit-Muara (Kabupaten Tapanuli Utara), Bakkara-Tipang ( Kabupaten Humbahas) dan Pangururan-Sianjur Mula-mula- Tuktuk (Kabubaten Samosir) dan Parapat (Kababupaten Simalungun). Dia mengaku mendapatkan kepastian Gubernur Sumut akan ikut serta bersepeda mengikuti rute tersebut.
 
Secara luas, dia mengatakan bahwa kegiatan itu bertujuan memerkenalkan kawasan Danau Toba sebagai daerah parawisata yang dapat diunggulkan secara internasional, sekaligus mempromosikan Geopark Kaldera Toba (GKT). Kemudian juga untuk mempromosikan Sport Tourism dengan Geobike sebagai salah satu bentuk Geowisata di Kawasan Danau Toba.
 
"Event Geobike Toba akan dijadikan salah satu kegiatan rutin dalam dunia kepariwisataan khususnya di wilayah Kawasan Danau Toba," sambungnya. Pihak pelaksana berharap publik semakin tahu area-area baru destinasi parawisata di Kawasan Danau Toba dan memahami konsep Geopark Kaldera Toba dalam perspektif geowisata.
 
Selain bersepeda mengelilingi Kawasan Danau Toba, rute kegiatan Geobike juga menempuh Geoarea, Geosite, Meliputi Geodiversity, Biodiversity, dan Culturediversity Geopark Kaldera Toba. Peserta Geobike Toba juga akan Tinggal di rumah penduduk dan hotel.
 
Mengenai jumlah peserta, lanjunya, kegiatan ini akan melibatkan 200 peserta dari Komunitas Sepeda, Jendela Toba, RKI, Pemerintahan Kabupaten dan Pemprovsu, Tim Percepatan GKT, Mahasiswa, Pecinta lingkungan, Turis lokal, Nasional, dan Mancanegara.
 
Gubernur Sumut sendiri akan ikut serta meramaikan Geobike Caldera Toba dengan bersepeda menuju Eksplor Muara-eksplor Bakara-Pangururan-Eksplor Tomok dan finis di Ajibata Parapat.
 
"Para peserta juga akan disiapkan kapal untuk melintasi perairan Danau Toba dan setelah menyelesaikan perjalanan peserta akan disuguhkan pagelaran malam budaya di Parapat," kata Irwansyah.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro