Pulau Tidung/pulautidung-indoensia.com
Travel

Kue Celorot Jadi Rebutan di Festival Pulau Tidung 2015

Nancy Junita
Senin, 9 Maret 2015 - 09:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Festival Pulau Tidung yang digelar Sabtu (7/3/2015) berlangsung meriah.

Ratusan pengunjung memadati festival yang menyuguhkan sekitar 60 jenis kue dan berbagai kesenian dan permainan tradisional masyarakat setempat.

Aneka kue dan makanan yang disajikan antara lain, kerupuk cue, geplak, gegodo, jepa, janda mengandang, angsrut dan lain sebagainya. Namun, yang menjadi favorit setiap pengunjung yakni kue celorot, makanan yang terbuat dari ketan. Kue ini selalu menjadi rebutan warga pulau, karena hanya ada setahun sekali.

Bupati Kepulauan Seribu, Tri Joko Sri Margiyanto, mengatakan meski belum ditetapkan secara permanen waktu penyelenggaraannya, namun festival ini akan rutin digelar setiap tahun.

"Sejak jembatan cinta Pulau Tidung dibangun tahun 2008 dan diunggah ke media sosial, pengunjung terus meningkat," ujar Tri Joko, Minggu (8/3/2015).

Dikatakan, pada tahun 2009-2010, jumlah pengunjung turis lokal dan mancanegara sekitar 2.000 orang. Kini, tahun 2014-2015 meningkat mencapai sekitar 3 juta pengunjung.

Ditambahkan Tri Joko, dirinya berharap apa yang menjadi ciri khas dan daya tarik Kepulauan Seribu tetap dipertahankan agar tidak hilang tergerus globalisasi. 

Festival Pulau Tidung dilaksanakan hingga malam hari yang diisi dengan panggung kesenian untuk menghibur para pengunjung yang menginap di Pulau Tidung dan warga pulau.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro