Perayaan Nyepi di Bali/Antara
Travel

Tips Berlibur di Bali Saat Perayaan Nyepi

Sri Mas Sari
Sabtu, 7 Maret 2015 - 16:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Anda ingin tetap berlibur ke Bali di tengah perayaan Nyepi?

Tahun Baru menurut kalender Saka Bali jatuh bulan pertama setelah pertengahan Maret. Perayaan utama di Bali ini mengenyahkan setahun penuh kebisingan dan mengantarkan kita kepada kesenyapan tahun berikutnya --kalaupun ritus ini bukan buat Anda, Bali menyediakan perayaan sendiri untuk Anda.

Persiapan Nyepi dimulai tiga hari menjelang Tahun Baru, dengan patung dewa-dewa diangkat dari pura dan dibawa ke sungai, dicuci dan dimandikan, sebelum kembali ke pura.

Sehari sebelum Nyepi, Tawur Agung Kesanga, adalah ketika Anda melihat paling banyak kegiatan di seluruh pulau. 'Hari Persembahan Agung' ini, dengan seremoni digelar di alun-alun dan lapangan. Sekitar pukul 16.00, penduduk desa mengenakan pakaian tradisional di pusat kota, memainkan gamelan, dan memberikan sesaji makanan dan bunga kepada ogoh-ogoh yang merupakan boneka raksasa dengan jari-jari besar, mata melotot, dan wajah yang seperti ingin memberi mimpi buruk kepada anak kecil.

Ini diikuti oleh ngrupuk, prosesi ketika ogoh-ogoh diarak menggunakan tiang penyangga dari bambu, dan diiringi oleh musik gamelan, di sepanjang jalan untuk menakut-nakuti jiwa setan.

Setelah doa-doa, ogoh-ogoh dibakar menggunakan obor dan api unggun sebagai simbol menyingkirkan jiwa iblis dari tahun yang akan dijalani. Pesta meriah digelar kemudian. Di manapun Anda di Bali, Anda akan menemukan prosesi ngrupuk di kota-kota besar terdekat, dengan ibukota Denpasar mengadakan parade paling mengesankan.

Hari Nyepi itu sendiri berakhir 24 jam sejak matahari terbit, dan satu-satunya tanpa aktivitas penuh, sehingga ketika jiwa iblis turun, mereka akan mengira Bali tidak berpenghuni dan kemudian meninggalkan pulau sendirian.

Aktivitas

Seluruh aktivitas manusia berhenti --semua toko, bar, dan restoran ditutup dan tak seorang pun diizinkan meninggalkan rumah atau hotel. Bahkan bandara internasional Bali ditutup. Api tidak boleh menyala dan seluruh bangunan gelap pada malam hari --hanya dalam keadaan darurat diizinkan.

Penting: Saat Nyepi, Anda harus tinggal di hotel. Pertimbangkan untuk tidur atau membaca. Aktivitas seksual hari itu juga tidak diperbolehkan. Banyak tempat tetap menyediakan makanan, tetapi pecalang (polisi desa) akan mengantar Anda dan mengembalikan Anda ke hotel.

Lokasi: Mulai Denpasar, lalu pantai Kuta atau Sanur, atau menyepilah ke Ubud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Nancy Junita
Sumber : Lonelyplanet.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro