Inilah Wisata Edukasi di Bogor

Perpusatakaan Taman Tegar Beriman (PTTB) merupakan salah satu wisata edukasi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bogor. Lokasinya tepat berada di areal kompleks Pemda Bogor.
Miftahul Khoer | 02 Maret 2015 12:53 WIB

Bisnis.com, BOGOR— Perpusatakaan Taman Tegar Beriman (PTTB) merupakan salah satu wisata edukasi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bogor. Lokasinya tepat berada di area kompleks Pemerintah Daerah Bogor.

Dengan luas lahan 4x9 meter persegi khusus untuk ruang baca, PTTB juga memiliki lokasi cukup nyaman dan strategis. Selain sejuk karena dikelilingi aneka pohon dan tanaman, perpus ini terdapat gazebo minimalis yang cocok untuk membaca.

"Tempatnya lumayan nyaman dan strategis karena berada di kawasan Pemda Bogor dan di samping jalan utama areal Pemda," ujar Heni Feviasari, Pustakawan PTTB ketika ditemui di lokasi, Senin (2/3/2015).

Keberadaan PTTB ini berada di bawah Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor. Koleksi yang terdapat di perpus ini antara lain buku ensiklopedia, kamus, sejarah, biografi, kesehatan, ilmu pengetahuan dan jenis buku lainnya. Ada juga aneka surat kabar lokal dan nasional yang disediakan setiap harinya.

Pengunjung perpustakaan akan dimanjakan dengan fasilitas komputer, hot spot, AC, internet dan areal santai seperti kursi dan meja khusus yang nyaman untuk ditempati saat berselancar mengakses informasi.

Menurut Heni, perpustakaan ini telah aktif sekitar dua tahun, tapi pengunjungnya belum mencapai angka maksimal. Oleh karena itu, dia berencana  bekerja sama dengan berbagai sekolah untuk menggelar kegiatan di PTTB.

"Kami ingin memancing masyarakat setempat untuk berkunjung ke perpus ini agar mereka bisa menikmati bacaan dam fasilitas yang disediakan," paparnya.

Koleksi buku yang ada, kata dia, memang tidak terlalu banyak. Tetapi semua kalangan dari mulai SD, SMP, SMA tersedia. Pihaknya berencana ingin menambah koleksi bagi keperluan perguruan tinggi.

Koleksi Beragam

Heni menuturkan kendati koleksi buku yang disediakan beragam, tetapi desain perpustakaan sendiri lebih bergaya anak. Dia ingin memberikan ruang belajar, membaca sambil bermain bagi kalangan pelajar SMA ke bawah.

Di samping perpus tersebut, terdapat taman yang setiap sorenya dikunjungi warga setempat. Jadi, PTTB ini cukup strategis dikembang menjadi wisata edukasi. Selain itu, bagi yang beragam muslim, sebuah mesjid berdiri tepat di samping perpus.

Dia berharap PTTB ini lebih berkembang ke depannya. Berbagai program tengah digagas dan didiskusikan dengan pihak independen yang fokus bergerak di bidang perpustakaan.

"Nanti kami harapkan bakal ada agenda kunjungan dari pihak sekolah. Jadi mereka menggunakan fasilitas perpus ini dengan kegiatan yang ada seperti keterampilan, kesenian hingga story telling yang mendatangkan pihak eksternal," paparnya.

Untuk diketahui, lokasi PTTB tepatnya berada di Jalan Tegar Beriman Komplek Pemda Bogor. Perpus ini buka Senin-Jumat pada pukul 09.00-15.00 WIB. Pada hari Minggu, perpus buka dari pukul 09.00-12.00 WIB.

"Kehadiran perpustakaan ini bertujuan mencerdaskan masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor, karena kami punya slogan Genggam Dunia dengan Membaca. Tiada Hari Tanpa Membaca," ungkapnya.

Tag : perpustakaan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top