Acara simposium Proyek Kemitraan Pemerintah-Swasta ASEAN-Jepang dalam Pembinaan SDM di Bidang Pangan./JIBI-Marta Fitria
Kuliner

Mengenal Makanan Jepang Lewat Empat Musim

Marta Fitria
Jumat, 16 Januari 2015 - 14:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Jepang memiliki makanan-makanan khas terkenal dan disukai banyak orang yang terbagi dalam empat musim.

Makanan khas Jepang bertemakan empat musim ini dikenalkan oleh Kementrian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan (MAFF) Jepang dalam resepsi makan malam setelah acara simposium "Proyek Kemitraan Pemerintah-Swasta ASEAN-Jepang dalam Pembinaan SDM di Bidang Pangan".

Acara yang dihadiri oleh perwakilan MAFF Jepang, perusahaan Jepang di bidang pangan, pembicara dari IPB, mahasiswa IPB, dan media ini, berlangsung pada Rabu (14/1/2015) di Hotel Le Meridien, Sudirman, Jakarta Pusat.

Dalam resepsi makan malam ini, dikenalkan berbagai karakter makanan Jepang yang terbagi dalam empat musim (semi, panas, gugur, dingin), aktivitas musiman, dan Washoku.

Washoku adalah kebudayaan diet tradisional dari Jepang. Pada Desember 2013, kebudayaan ini termasuk dalam salah satu warisan kebudayaan yang berharga oleh UNESCO.

Washoku berkaitan dengan semangat dasar Jepang, respek terhadap alam, kontribusi untuk kesehatan hidup, juga memperkuat hubungan keluarga dan tali persaudaraan.

Pada musim semi (Maret-Mei) Jepang memiliki makanan, seperti Sakura Mochi, Sweet Sake (kadar alkohol rendah), dan Flower Viewing Bento. Makanan didekorasi dengan daun dan bunga Sakura. Perlengkapan makan, seperti piring terbuat dari bambu dan motif natural. Lalu, untuk dekorasi meja dan ruangan berkaitan dengan Washoku.

Pada musim panas (Juni-Agustus), Jepang memiliki banyak makanan, seperti Eel Bowl, Mizu-yokan (jelly kacang azuki lembut Jepang), Aotake Somen (mie putih tipis Jepang di bambu), Kaki Goori (es serut), Okonomiyaki (pancake), Yakitori (sate ayam Jepang), dan Takoyaki (bola-bola cumi).

Pada musim gugur (September-November), Jepang memiliki makanan, seperti Yakiimo (ubi bakar), Fukiyose (makanan pembuka di musim gugur dalam piring besar), Dorayaki, dan Japanese Rice Cake Sweets. Pada musim ini, didominasi oleh makanan manis dan hangat.

Terakhir pada musim dingin, Jepang memiliki makanan, seperti Osechi Food (makanan tahun baru), Chanko Nabe (makanan pegulat Sumo), dan Miscellaneous Rice Cake Food.

Selain itu, dikenalkan juga Sashimi (irisan daging ikan berwarna merah segar yang bisa dicelup ke kuah panas). Lalu, ada pula permainan khas Jepang yang biasa dimainkan pasa musim-musim tertentu.

Terakhir, terdapat upacara minum Ocha (teh hijau Jepang) yang begitu detail, indah, dan menarik oleh beberapa wanita asli dari Jepang. Mereka juga mengenakan Kimono, pakaian adat Jepang. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro