Ilustrasi
Travel

10 Destinasi di Bali Paling Banyak Dikunjungi Turis Selama 2013

Feri Kristianto
Selasa, 30 Desember 2014 - 10:23
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Objek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan menjadi destinasi wisata di Bali yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara selama 2013.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Bali, jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Lot sebanyak 3,05 juta orang. Jumlah tersebut menempatkan obyek wisata yang terkenal dengan pura di laut ini menempati peringkat pertama destinasi wisata di Bali yang paling banyak dikunjungi baik wisman dan wisdom.

Sementara itu, peringkat kedua adalah obyek wisata Pura Uluwatu di Kabupaten Badung yang dikunjungi 820.999 orang. Peringkat berikutnya, Pura Ulun Danu Danau Beratan di Tabanan 724.065 orang, Bedugul 519.528 orang, Penelokan Batur (Kintamani) di Kabupaten Bangli 509.983 orang, Tirta Empul Tampak Siring Kabupaten Gianyar 445.502 orang.

Selain itu, Kebun Raya Eka Karya di Tabanan 340.105 orang, Taman Ayun di Mengwi Badung 281.901 orang, Goa Gajah di Gianyar 253.455 orang. Adapun satu-satunya obyek wisata buatan manusia yang berhasil masuk dalam daftar 10 besar adalah Bali Safari Marine Park di Gianyar dikunjungi sebanyak 208.444 orang.

Data tersebut dirangkum Disparda Bali berdasarkan obyek wisata yang memungut retribusi masuk setiap orang. Sementara seperti Pantai Kuta, dan Sanur yang langganan dikunjungi wisatawan tidak dihitung karena tidak menerapkan retribusi masuk.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Tjokorda Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace mengungkapkan dengan banyaknya kunjungan tersebut seharusnya pemerintah memperbaiki fasilitas umumnya.

"Masih banyak fasilitas seperti toilet di obyek wisata yang kualitasnya buruk, harusnya segera ditingkatkan," jelasnya, Selasa (30/12/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro