jetlag/huffingtonpost
Travel

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menghindari Jetlag

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 9 Desember 2014 - 15:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Tiba-tiba, Anda terjaga di tengah malam, tetapi Anda sangat sulit memaksa mata tetap terbuka untuk makan malam.

Ya, itulah perasaan yang dilakukan oleh banyak orang karena jet lag. Sindrom yang satu ini, hampir dapat merusak rencana liburan Anda, atau bahkan mengganggu metabolisme tubuh Anda seperti biasanya.

Namun demikian, seorang peneliti tidur telah menemukan cara untuk membuat efek jet lag berkurang. Berikut adalah beberapa cara untuk mengalahkan jet lag, seperti dilansir huffingtonpost.

Pastikan Anda cukup istirahat sebelum bepergian

Anda mungkin akan kurang tidur saat bepergian, karenanya pastikan tidur Anda cukup saat di rumah, atau ketika telah beristirahat di hotel.

Meskipun Anda merasa sudah cukup tidur di pesawat, namun itu tidak bisa mengurangi efek jetlag.

Atur waktu tidur Anda sesuai dengan waktu lokasi tujuan

Sebelum berangkat ke lokasi tujuan, coba mulai mengatur pola tidur dan kegiatan Anda sesuai dengan lokasi wilayah yang Anda tuju.

Hal tersebut, berguna untuk adaptasi diri Anda di wilayah tersebut setibanya di sana. Termasuk juga waktu makan, dan waktu beraktivitas lainnya. Sehingga di waktu malam Anda tidak lagi termenung karena sulit tidur.

Minum air banyak di pesawat

Jet lag bukan satu-satunya alasan orang merasa buruk setelah terbang, namun juga disebabkan karena kurangnya air selama perjalanan. Itu sebabnya peneliti menyarankan minum banyak air sebelum dan selama penerbangan Anda.

Hal tersebut, untuk meningkatkan sirkulasi darah Anda lebih lancar. Mungkin saja mengonsumsi obat sakit kepala sehari sebelumnya juga bisa sangat membantu.

Cukup makan dan olahraga

Beberapa penelitian telah menunjukkan makan menyebabkan perubahan kadar insulin, karena asupan makanan yang berbeda di tempat tinggal Anda dengan lokasi negara yang Anda tuju.

Hal tersebut, akan memengaruhi metabolisme tubuh Anda. Jadi cobalah untuk menyesuaikan makanan Anda ke mana pun Anda berada.

Hindari kafein

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk minum kopi atau soda agar membuat tetap terjaga, namun mengonsumsi kafein dapat membuat jetlag Anda semakin parah. (timesofindia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : thehuffingtonpost
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro