Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ingin Jadi Chef Hebat Seperti Calombaris? Ini Dia Resepnya

Nama George Calombaris cukup dikenal di dunia kuliner internasional berkat segudang prestasi yang pernah ditorehnya. Apa kiatnya ya?
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 29 November 2014  |  11:28 WIB
Ingin Jadi Chef Hebat Seperti Calombaris? Ini Dia Resepnya
George Calombaris. - twitter @gcalombaris
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Nama George Calombaris cukup dikenal di dunia kuliner internasional berkat segudang prestasi yang pernah ditorehnya. Apa kiatnya ya?

Selain dikenal lewat aksinya sebagai juri dalam program Masterchef Australia, pria asal Melbourne ini juga telah memenangkan banyak penghargaan. Salah satunya adalah menjadi salah satu dari Top 40 Koki Berpengaruh di Dunia versi majalah Global Food dan Wine Magazine. Selain itu, dia pernah mewakili Australia mengikuti olimpiade masak berlevel internasional Bocuse d’Or dan masuk ke dalam peringkat 16 besar. Penghargaan itu diraihnya ketika dia masih berusia 23 tahun.

 Kini, Columbaris juga telah memiliki 6 restoran di Australia dan telah mempekerjakan setidaknya 300 orang sebagai pegawainya. Dia juga telah menulis beberapa buku masak, di antaranya The Press Club, Modern Greek Cookery, Green Cookery from the Hellenic Heart, George Porgie, Your Place or Mine dan Cook With Us with fellow Masterchef Australia Judge Gary Mehigan.

Dalam sela-sela kunjungannya ke Jakarta beberapa waktu lalu, Chef Columbaris berbagi kiat-kiat menjadi koki yang handal. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mulailah dengan bahan-bahan berkualitas

Menurutnya, Anda bisa menjadi koki yang hebat jika memulai dengan bahan-bahan yang berkualitas. Belilah bahan-bahan kualitas terbaik yang bisa Anda beli. Hal ini bisa diterapkan misalnya dengan lebih memilih menggunakan minyak zaitun daripada menggunakan minyak goreng kelapa sawit. Selain itu jika memasak hidangan dari daging ayam, pilihlah bagian yang paling menyehatkan seperti daging dada ayam.

2. Kuncinya adalah garam

Garam adalah salah satu bahan yang paling penting. Anda bisa terlihat mewah dan handal dengan berbagai teknik  dan bahan masakan yang Anda miliki.  Namun jika Anda tidak tahu bagaimana memadukan cita rasa sebuah makanan dengan jumlah garam yang tepat, maka makanan itu tidak akan pernah “jadi”.

3. Persiapan (mise-en-place) adalah kunci keberhasilan kuliner.

Tidak perduli apakah Anda memasak di restoran ataupun rumah, jika Anda mempersiapkan dengan baik, Anda akan mendapatkan hasil yang bagus.

4. Jangan terlalu terpaku pada resep

Salah satu dari tips memasak ala Chef Calombaris yang paling utama adalah jangan terlalu bergantung pada resep. Menurutnya, juru masak yang baik selalu perlu mencicipi segalanya serta menyesuaikan bumbu dan rasa secara bersamaan. Resep penting diikuti secara prosedural, tetapi kemampuan improvisasi juga tak kalah pentingnya.

5. Mencicipi masakan

Pastikan masakan Anda cukup lezat untuk dihidangkan kepada orang lain. Anda bisa memastikannya dengan mencicipi hidangan tersebut sebelum disajikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner chef
Editor : Surya Mahendra Saputra
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top