Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim (kiri) menyerahkan piagam sertifikat halal kepada Anthony Cottan, Direktur PT Sari Coffee Indonesia, pengelola jaringan  Starbucks Coffee di Indonesia. (Rahmayulis Saleh)
Kuliner

Produk Halal: Jaringan Starbucks Kini Miliki Sertifikat Halal

Rahmayulis Saleh
Rabu, 29 Oktober 2014 - 18:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Kini logo Sertifilat Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Makanan (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia, sudah terpampang di hampir setiap pintu masuk gerai kopi Starbucks di negeri ini.

"Dari 189 jaringan coffeeshop Starbucks, sebanyak 176 outlet sudah memiliki sertifikat halal. Sisanya masih dalam proses," kata Lukmanul Hakim, Direktur LPPOM MUI di Bogor, usai menyerahkan sertifikat halal kepada Anthony Cottan, Direktur PT Sari Coffee Indonesia, pengelola jaringan Starbucks di Indonesia, Rabu (29/10/2014).

Lukmanul menuturkan pihaknya memberikan apresiasi dan berterima kasih atas inisiatif PT Sari Coffee Indonesia, untuk mengajukan sertifikasi halal kepada LPPOM MUI.

"Sertifikasi halal ini kami nilai juga merupakan strategi bisnis yang cerdik, karena mengisi ceruk pasar yang masih kosong," ungkapnya.

Dia mengatakan berdasarkan data LPPOM MUI, untuk produk kopi kemasan yang terlah bersertifikasi halal, memang cukup banyak. Ada sekitar 27 perusahaan. "Namun, khusus untuk gerai kopi kelas premium, sejauh ini Starbucks merupakan coffeeshop pertama yang memperoleh sertifikat halal MUI," ujar Lukmanul.

Dia menjelaskan bagi LPPOM MUI sertifikat halal ini cukup melegakan. Selama ini gerai beberapa merek bakery, Starbucks merupalan salah satu dari sekian gerai coffeeshop yang sering dipertanyakan kehalalannya oleh masyarakat.

"Pertanyaan itu sangat beralasan, mengingat adanya titik kritis kehalalan yang harus diperhatikan dalam setiap varian produk kopi dan menu lainnya. Misalnya, krimer, dimana terdapat titik kritis halal pada bahan penolong seperti pengemulsi, yang bisa berasal dari nabati maupun hewani," ungkapnya.

Setelah logo halal MUI terpasang di setiap outlet Starbucks, lanjutnya, masyarakat mendapatkan jaminan kepastian bahwa Starbucks dengan semua menu yang disajikan telah bersertifikat halal.

Menurut dia, saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya produk halal telah bangkit. Berbagai komunitas halal juga bermunculan seperti Forum Masyarakat Peduli Halal, Halal Corner, Myhalalkitchen, hingga Halalwatch, yang menyerukan pentingkan logo halal bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro