Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 5 Tips Memasak Hidangan India

Tak sulit sebenarnya untuk memasak masakan India. Rempah-rempah yang dimiliki oleh India kebanyakan juga dimiliki Indonesia.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 17 Oktober 2014  |  17:22 WIB
Inilah 5 Tips Memasak Hidangan India
Ilustrasi - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak sulit sebenarnya untuk memasak masakan India. Rempah-rempah yang dimiliki oleh India kebanyakan juga dimiliki Indonesia.

Benang merah semua masakan India adalah kaya rempah-rempah yang menghasilkan cita rasa kuat, mirip dengan cita rasa masakan Minang dan Aceh khas Indonesia.

Ini karena baik India maupun daerah Sumatra di Indonesia sama-sama dipengaruhi budaya Gujarat (daerah India yang berbatasan dengan Pakistan) yang dibawa oleh para pedagang rantauan sejak sekitar abad keempat masehi lalu, seiring dengan awal mula penyebaran agama Hindu di Indonesia.

Sebagaimana Indonesia yang mempunyai beragam cita rasa kuliner khas, India pun memiliki ragam kuliner yang bervariasi antara satu daerah dengan daerah lainnya. Khusus untuk kuliner daerah Rajahstan, berikut kiat-kiat yang diberikan  Chef De Cuisine dari Kempinski Ambience Hotel India Chef Ashwani Kumar Singh bagi Anda yang ingin memasak masakan khas India tersebut;

1.       Ketahui resepnya.

Mengetahui resep masakan India adalah hal dasar yang harus dilakukan sebelum mencoba memasak masakan India. Dengan mengetahui resep, Anda sekaligus belajar jenis rempah-rempah yang diperlukan sekaligus kegunaannya.

2.       Mendapatkan rempah-rempah

Chef Ashwani mengaku tak sulit mendapatkan rempah-rempah India di Indonesia, sebab Indonesia juga kaya rempah-rempah yang bisa digunakan untuk memasak masakan India. Adapun tumbuhan-tumbuhan khas India yang masih jarang di Indonesia seperti okra, bisa Anda dapatkan di toko-toko khusus yang menjual bahan-bahan masakan India di Indonesia, sedangkan bumbu lain seperti amchoor (bubuk mangga yang dikeringkan) yang biasa digunakan untuk memberikan cita rasa asam dapat Anda gantikan dengan daging buah mangga yang dihancurkan. Cabai India yang biasa digunakan dalam masakan khas India juga bisa Anda gantikan dengan cabai lokal Indonesia sesuai selera Anda.

3.       Terus Berlatih

Kunci keberhasilan dalam memasak adalah latihan terus menerus. Anda tidak bisa mengharapkan hasil yang maksimal hanya dengan sekali percobaan memasak. Semakin sering Anda berlatih, semakin bagus kemampuan Anda dalam memasak dan Anda pun akan makin lihai menghadirkan cita rasa kuat masakan India.

4.       Eksplorasi

Anda bisa mengeksplorasi masakan India sesuai lidah Indonesia Anda. Jika daging kambing tidak sesuai dengan selera atau kondisi kesehatan Anda, gantilah dengan daging sapi atau ayam, atau jika Anda kurang menyukai saus sambal khas India yang cenderung berita rasa asam dan segar, Anda bisa bereksplorasi dengan sambal terasi agar membuatnya terasa lebih “Indonesia”.

5.       Perhatikan kandungan nutrisi

Masakan India kebanyakan terbuat dari daging ayam, kambing, atau burung yang kaya akan protein. Meski begitu, Anda tetap perlu mengahadirkan variasi pengolahan masakan dan bumbu yang digunakan untuk menghindari kadar kolesterol yang berlebih. Karenanya, penting juga untuk menghidangan sayuran dan buah-buahan dalam menu Anda sebagai penyeimbang serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top