Travel

Kalimantan Promosi Wisata di Bali

Feri Kristianto
Jumat, 22 Agustus 2014 - 17:26
Bagikan

Bisnis.com, MANGUPURA--Sedikitnya lima pemerintah daerah di Kalimantan kembali menggelar ajang promosi di Bali bertajuk Borneo Extravaganza 2014 di Mall Bali Galeria Kuta, Kabupaten Badung pada 22-24 Agustus 2014.

Even dua tahunan yang diikuti oleh Pemprov Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara ini menawarkan berbagai paket wisata kelima daerah.

Beberapa lokasi wisata yang ditawarkan seperti Hutan Konservasi Orang Utan Tanjung Putin, Kepulauan Derawan, Sungai Ruhan dan Kahayan.

Borneo Extravaganza yang sudah berlangsung keenam kalinya ini bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke daerah Kalimantan.

Wamenparekraf Sapta Nirwandar mengatakan ajang pameran ini dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Kalimantan.

Dia memaparkan sejak digelar pada 2004, jumlah wisman ke Kalimantan pada 2013 mencapai 30.687 orang, meningkat 26,15% dibandingkan dengan 2008, 24.326 orang.

"Borneo itu banyak sekali destinasi atraksi yang sangat potensial untuk dimanfaatkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya di Kuta, Jumat (22/8).

Peningkatan khususnya dialami oleh Provinsi Kalimantan Timur, jumlah wisman dan wisdom pada tahun lalu mencapai 1 juta orang. Menurutnya, hal itu terjadi karena jumlah obyek wisatanya juga meningkat hingga 425 destinasi.

Peningkatan pendapatan daerah Kaltim dari sektor pariwisata tahun lalu mencapi Rp327,99 miliar, naik 22,35%

Tren peningkatan juga terjadi di Kalimantan Tengah sebesar 4,59% menjadi 46.198 orang pada 2013, dibandingkan tahun sebelumnya 44.079 orang dan Kalimantan Selatan yang meningkat 4,58% menjadi 540.906 orang.

Sapta mengungkapkan promosi dilakukan di mall karena ingin masyarakat bisa langsung berinteraksi bahkan bertransaksi.

Sekretaris Daerah Kalimantan Barat M Zeet Hamdy Assovie menambahkan ajang promosi di Bali sangat bermanfaat.

Apalagi, jelasnya, wilayahnya saat ini mulai mengembangkan industri pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro