Dok. Humas Pemprov Sulut
Travel

TOMOHON FLOWER FESTIVAL: Ajang Internasional, Pembangkit Pariwisata Sulut

Herdiyan
Sabtu, 9 Agustus 2014 - 09:22
Bagikan

Bisnis.com, TOMOHON—Penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014 yang telah menjadi agenda tahunan diharapkan mampu menggairahkan dan memajukan dunia pariwisata Sulawesi Utara (Sulut).

Gubernur Sulut Sinyo Harry Sarundajang memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon yang telah mampu menggelar even pariwisata yang berskala internasional dengan berbasis keunggulan lokal yaitu bunga.

“Di samping itu, hal ini juga diharapkan mampu memberikan peningkatan ekonomi bagi masyarakat lokal,” tuturnya di sela-sela parade kendaraan hias, Jumat sore (8/8/2014).

Perlu diketahui, Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014 digelar pada 8 Agustus hingga 12 Agustus 2014.

Pada Jumat (8/8/2014), festival bunga tahunan itu diawali dengan Tournament of Flowers, berupa parade kendaraan hias para peserta.

Tak tanggung-tanggung, 38 peserta parade ikut bergabung yang terdiri dari perwakilan negara sahabat (Amerika Serikat dan Rusia), pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia, BUMN/BUMD, serta instansi/perusahaan swasta.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang. Dalam kesempatan tersebut, Sàrundajang didampingi oleh Kapolda Sulut Brigjen Pol Jimmy Palmer Sinaga dan Kepala BIN Daerah Sulawesi Utara Laksamana TNI Djajeng Tirto.

Acara yang dikunjungi ribuan orang dan dihadiri oleh pejabat pemerintah pusat ini berlangsung sangat meriah. Sebagaimana diketahui, kegiatan itu telah diselenggarakan sejak 2008.

Dari parade yang ditampilkan menunjukkan ikon masing-masing peserta yang dihias dengan menggunakan produk bunga Kota Tomohon, seperti Kerkely, Aster, Marygold, dst.

Hal ini mampu membuat para penonton terpukau dan memberikan kesan tersendiri bahwa apa yang ditampilkan ini merupakan karya dan kreasi yang patut diapresiasi, terlebih ketika menyaksikan kreativitas dan inovasi dalam merangkai bunga yang benar-benar profesional, indah, dan mengagumkan.

Kali ini, panitia mengangkat tema Colourful Tomohon yang diikuti oleh perwakilan negara-negara sahabat, Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apeksi), Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apkasi), BUMN, BUMD, serta perusahaan swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro