Berwisata ke Kota Kudus, Jangan Lewatkan 5 Lokasi Ini

Kudus merupakan kabupaten terkecil di Jawa Tengah dengan luas wilayah 42.516 Ha. Terkenal sebagai Kota Kretek, sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai buruh pabrik rokok.
Fauzul Muna | 02 Agustus 2014 22:24 WIB
Menara Kudus -

Bisnis.com, JAKARTA—Kudus merupakan kabupaten terkecil di Jawa Tengah dengan luas wilayah 42.516 Ha. Terkenal sebagai Kota Kretek, sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai buruh pabrik rokok.

Teletak di sebelah utara Pulau Jawa, Kudus memiliki sejumlah obyek wisata yang layak dikunjungi, terutama wisata religi. Seperti dilansir laman kuduskab.go.id, berikut beberapa tempat wisata yang berada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah:

  1. Menara Kudus

Menara Kudus merupakan ikon Kota Kudus berupa bangunan tua yang terbuat dari batu bata merah berbentuk Menara yang merupakan hasil akulturasi Hindu-Jawa dan Islam.

Menara kudus bukanlah bangunan bekas candi Hindu melainkan menara yang dibangun pada zaman kewalian atau masa transisi dari akhir kerajaan Majapahit beralih ke zaman Kerajaan Islam Demak.

Bentuk konstruksi dan gaya arsitektur Menara Kudus mirip dengan Candi-candi di Jawa Timur era Majapahit sampai Singosari, seperti Candi Jago yang menyerupai menara Kulkul di Bali.

2. Wisata Alam Colo

Objek siata alam Colo terletak di kawasan Pegunungan Muria. Pengunjung dapat melihat indagnya pemandangan Kota Kudus dari objek wisata ini. Daerah tersebut memiliki hawa yang sejuk sehingga cocok untuk dijadikan arena rekreasi bersama keluarga.

3. Museum Kretek

Museum yang dibangun sebagai simbol Kota Kudus yang identik dengan Kota Kretek menyimpan peralatan dan mesin-mesin tradisional pembuatan rokok kretek.

4. Situs Purbakala Pati Ayam

Pegunungan Pati Ayam terletak di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus. Di sana terdapat gading gajah purba, gigi geraham Homo Erectus. Situs tersebut termasuk dalah satu situs Homonid Kala Plestosen di Jawa.

5. Rahtawu

Rahtawu merupakan desa yang terletak di Kecamatan Gebog, Kudus. Rahtawu dikelilingi deretan gunung yang membentang. Tak heran jikar pemandangan di desa ini masih sangat alami. Selain itu, Rahtawu juga dialiri sungai-sungai yang masih jernih. Lokasi tersebut cocok untuk hiking.

Tag : wisata
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top