Travel

Wisata Sejarah: Berkunjung Ke Rumah Si Pitung

Fauzul Muna
Sabtu, 2 Agustus 2014 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Berwisata tak harus ke tempat gemerlap nan modern. Ibarat menyelam sambil minum air, situs bersejarah menjadi tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Selain berekreasi untuk melepas penat, wisatawan dapat belajar sejarah bangsa. Bangunan Cagar Budaya (BCB) Rumah Si Pitung menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang patut Anda kunjungi.

Rumah Si Pitung yang terletak di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang teletak di daerah paling timur laut Provinsi DKI Jakarta. Museum Nasional memberi nama bangunan tersebut sebagai Rumah Si Pitung sejak 1972.

Meskipun dinamai Rumah Si Pitung, sejatinya rumah panggung rumah panggung dengan gaya arsitektur Bugis tersebut merupakan rumah milik Haji Saipudin, seorang pengusaha “sero”.

Banyak versi yang menceritakan hubungan antara Si Pitung dan Haji Saipudin, ada yang mengatakan Haji Saipudin merupakan korban perampokan Si Pitung. Namun, ada yang menuturkan keduanya berkonspirasi melawan penjajah Belanda.

Konon, rumah ini menjadi tempat persembunyian Si Pitung dari kejaran penjajah Belanda. Bangunan itu memiliki lima ruangan dan satu kamar tidur. Kelimanya yaitu ruang tamu, ruang tengah, ruang makan, dapur, dan ruang belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fauzul Muna
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro