Oleh-oleh Khas Jenang Kudus Makin Kaya Rasa

Berkunjung ke Kabupaten Kudus, rasanya kurang afdol jika tak menenteng oleh-oleh khas kota terkecil di Jawa Tengah, yaitu Jenang Kudus.
Fauzul Muna | 02 Agustus 2014 22:51 WIB
Menara Kudus -

Bisnis.com, JAKARTA—Berkunjung ke Kabupaten Kudus, rasanya kurang afdol jika tak menenteng oleh-oleh khas kota terkecil di Jawa Tengah, yaitu Jenang Kudus.

Jenang Kudus merupakan sejenis dodol yang terbuat dari ketan hitam, gula pasir, gula tumbu, gula kelapa (gula merah), santan kelapa, dan mentega. Jenang Kudus memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Awalnya, Jenang Kudus hanya memiliki satu varian rasa yaitu original. Seiring dengan berkembangnya zaman, Jenang Kudus kini memiliki kombinasi rasa buah-buahan.

Biasanya, Jenang Kudus dijual dalam potongan kecil dibungkus plastik transparan dan dimasukkan ke dalam kotak seukuran bungkus rokok. Selanjutnya beberapa kotak ukuran bungkus rokok akan dimasukkan ke dalam kotak yang lebih besar.

Di Kudus sendiri, terdapat empat perusahaan jenang terkenal, yaitu PT Mubarokfood Cipta Delicia (MCD) yang bisa ditemui di Jalan Sunan Muria, Jenang Menara di Jalan RM Sosrokartono, Jenang Muncul di Jalan Ramelan, dan Jenang Asia Aminah di Jalan Masjid (Kudus Wetan).

Tag : kuliner
Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top