Kuliner

Cikawao Tawarkan Masakan Sunda Baheula

Atiqa Hanum
Minggu, 8 Juni 2014 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG--Bertandang ke Kota Kembang pasti tidak luput dari wisata kuliner. Bermacam makanan unik tersedia di Bandung, Jawa Barat.

Bagi Anda yang suka akan makanan bercita rasa dataran sunda ada baiknya mencoba rumah makan sunda 'Cikawao' yang telah berdiri sejak 1950-an dan terletak di Jalan Cikawao No. 7.

Rumah makan sunda 'Cikawao' merupakan pilihan dari perjalanan wisata sejarah yang diadakan oleh Komunitas Bambu dalam memahami sejarah pendiri bangsa yaitu, Sukarno.

Namun, 'Cikawao' tidak ada hubungannya dengan perjalanan wisata sejarah kali ini.

"Kami memilih 'Cikawao' karena rumah makan ini terkenal asli sundanya. Sudah berdiri lama sekali dan walaupun sudah berganti generasi tetap tidak ada perubahan yang cukup berarti," ungkap Pemimpin Komunitas Bambu JJ Rizal.

H. Nenden, 58, merupakan generasi ketiga pengelola rumah makan 'Cikawao' bercerita bahwa cita rasa resep nenek moyangnya selalu dipertahankan. Memiliki resep rahasia andalan membuat rumah makan sunda ini memiliki pelanggan setia.

Saat menyantap makanan disini, saya dapat mengungkapkan bahwa ini beda dari makan sunda lainnya. Makanan ini memiliki ciri khas sunda baheula atau dahulu kala. Bagi lidah Anda yang doyan kemanisan dapat mencobanya dan tidak lupa sambal yang cocok dengan lidah urang sunda.

Heri, 40, anak dari H. Nenden mengatakan bahwa pengunjung dapat merogoh kocek Rp35.000-Rp50.000 untuk sekali makan. Untuk minumnya sendiri berkisar dari harga Rp10.000-Rp12.000.

Terbilang harga yang sebanding dengan kualitas dan kuantitasnya. Berbagai maca, menu seperti nasi putih, merah, atau pun timbel dapat disantap bersama ayam kampung, asin jambal, ikan mas, babat, gepuk, rendang daging, aneka pepes, ataupun tumis sayur.

Dengan menambah pesanan sop buntut atau pete/jengkol makin terasa nikmat. Sambalun beraneka ragam seperti sambal lalab, sambal terasi, sambal dadak, dan sambal oncom.

Terakhir, minuman yang paling pas adalah teh tawar hangat yang menyegarkan perut dan menghilangkan penat perjalanan. Bagi Anda yang ingin minuman lain pun juga tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro