Ilustrasi/Bisnis
Travel

Ingin Belajar Bagian Tubuh Manusia? Datang ke Museum Ini

Tisyrin Naufalty Tsani
Jumat, 16 Mei 2014 - 18:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belajar mengenai tubuh manusia lewat manekin sudah menjadi bagian dari pelajaran Biologi.

Namun, belajar dengan melihat secara langsung bagian tubuh manusia bisa jadi hal yang langka dan hanya dilakukan oleh para calon dokter.

Ada sebuah museum yang mengajak para pengunjungnya melihat secara langsung bagian tubuh manusia, yaitu Museum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) di Jakarta Utara.

Menurut Kepala Museum Tena Djuartina, biasanya museum anatomi milik kampus tidak terbuka untuk masyarakat umum.

Namun, Museum Anatomi FK Unika Atma Jaya telah dibuka untuk umum sejak awal diresmikan pada 1995. Artinya, bukan hanya para calon dokter saja yang dapat belajar mempelajari bagian tubuh manusia lewat cadaver atau mayat. “Kita buka untuk umum supaya semua orang tahu, bisa belajar anatomi,” katanya Jumat (16/5/2014).

Menurut Tena, cadaver yang disimpan di museum didapatkan dari rumah sakit atau bahkan dari orang-orang yang merelakan mayat keluarganya dipakai untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

Para pengunjung museum dapat melihat bagian tubuh manusia mulai dari kerangka, otot, peredaran darah, pernapasan, sistem indera, pencernaan, urinaria, reproduksi dan syaraf yang diawetkan dengan formalin. Bahkan bayi yang usianya baru hitungan minggu atau bulanan juga terpajang disana.

Selain berasal dari tubuh manusia asli, museum tersebut juga memamerkan koleksi dalam bentuk manekin. Ke depan, museum juga akan melengkapi koleksi tubuh manusia yang diawetkan dengan cara plastinasi.

Museum tersebut saat ini juga dilengkapi dengan citra tubuh manusia dalam bentuk foto radiologi, agar anatomi dapat dipelajari dengan lebih hidup.

Selain itu, Museum Anatomi juga memiliki koleksi film terkait tubuh manusia misalnya tentang sex education. Lewat film semacam itu, para pelajar bisa membedakan sistem reproduksi pria dan wanita.

Museum Anatomi terus dikembangkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Museum ini merupakan salah satu fasilitas Unika Atma Jaya yang baru saja direnovasi. Peresmian fasilitas yang telah direnovasi berlangsung Jumat (16/5/2014) di kampus Unika Atma Jaya Semanggi, Jakarta Selatan.

Fasilitas lain yang telah diresmikan usai renovasi diantaranya yaitu Gedung Yustinus lantai 13 dan Perpustakaan di kampus Semanggi serta Museum Anatomi Fakultas Kedokteran dan Auditorium Klara Asisi di Pluit, Jakarta Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro