Jepang
Travel

Mau Tahu Negara Paling Damai di Dunia? Ini Daftar 10 Teratas (3-Habis)

Nurbaiti
Kamis, 1 Mei 2014 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda negara mana saja yang merupakan paling damai di dunia? Sejak 2007 setiap tahunnya, Global Peace Index yang dikeluarkan IEP (Institute for Economics and Peace) menjadi tolok ukur negara dan daerah mana saja yang merupakan paling damai berdasarkan faktor internal dan eksternal.

Walaupun memang kelihatannya dunia ini kejam, menurut Global Peace Index, setidaknya ada 20 negara paling damai di dunia.

Berikut ulasan 10 dari 20 negara paling damai menurut Global Peace Index:

Belgia

Menurut Global Peace Index, Belgia adalah salah satu tempat terbaik dan paling damai untuk tinggal di Eropa dan di Bumi. Terletak di jantung Eropa, negara kecil ini memiliki tempat khusus. Brussels, ibukota Belgia, merupakan rumah bagi Uni Eropa dan NATO.

Belgia juga mengunggulkan kota abad pertengahan, balai kota yang indah, istana megah, dan keindahan alam yang menawan. Tingkat pembunuhan dan pemenjaraan yang rendah di negeri ini, meskipun Belgia mengalami krisis dalam pemerintahnya selama periode 2008-2011.

Republik Ceko

Sebuah negara yang relatif baru, Republik Ceko merdeka dari Blok Soviet pada 1989 karena Revolusi Velvet dan membagi selanjutnya dengan Slovakia. Setelah pembagian Cekoslowakia, Republik Ceko sebagian besar terkonsentrasi pada pembangunan ekonomi kapitalis yang kuat dan menciptakan iklim yang stabil untuk investasi.

Pada 2009, Indeks Pembangunan Manusia ( HDI ) menempatkan Republik Ceko sebagai negara Pembangunan Manusia Sangat Tinggi. Khusus untuk ibukota megah Praha dan keindahan alam yang menakjubkan, Republik Ceko menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Swiss

Menurut IEP, Swiss mempertahankan pemerintahan yang berfungsi dengan baik dan budaya politik yang terbuka. Menggambarkan kualitas pemerintahan, Swiss menerima skor terendah untuk ketidakstabilan politik.

Negara ini juga memiliki tingkat kejahatan dan kekerasan yang rendah di antara negara-negara paling damai di dunia. Meskipun Swiss dikenal karena netralitas dalam isu-isu politik regional, internasional dan global, negara ini juga mempertahankan hubungan diplomatik yang kuat dengan berbagai negara di seluruh dunia .

Jepang

Salah satu negara yang paling mempesona dengan budayanya, Jepang memiliki perekonomian terbesar ketiga di dunia. Sejak Perang Dunia II, Jepang telah benar-benar damai , dengan sedikit konflik internal dan kejahatan yang rendah.

Selain itu, negara mempertahankan hubungan baik dengan tetangga-tetangganya. Jepang tidak memiliki militer profesional sejak akhir Perang Dunia II. Negara ini juga mengendapankan pada pasukan keamanan internal untuk menjaga perdamaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : travel.amerikanki.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro