Ilustrasi/Bisnis.com
Travel

Mau Tahu Negara Paling Damai di Dunia? Ini Daftar 10 Teratas (2)

Nurbaiti
Kamis, 1 Mei 2014 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda negara mana saja yang merupakan paling damai di dunia? Sejak 2007 setiap tahunnya, Global Peace Index yang dikeluarkan IEP (Institute for Economics and Peace) menjadi tolok ukur negara dan daerah mana saja yang merupakan paling damai berdasarkan faktor internal dan eksternal.

Walaupun memang kelihatannya dunia ini kejam, menurut Global Peace Index, setidaknya ada 20 negara paling damai di dunia.

Berikut ulasan 10 dari 20 negara paling damai menurut Global Peace Index:

Singapura

Sebagai negara kecil yang merupakan anggota aktif masyarakat internasional, Singapura tidak pernah mengambil haknya untuk eksis dan memberikan keamanan negaranya.

Sejak merdeka pada 1965, sebagai republik yang berdaulat, Singapura selalu berkonsentrasi menjadi tetangga yang besar, melalui pembentukan sosial, kedamaian, ekonomi, hubungan politik yang ramah dengan semua negara.

Negara ini juga telah bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan lembaga pendukungnya dalam berbagai upaya.

Negara ini juga ikut berpartisipasi dalam berbagai organisasi global, unilateral, dan multilateral untuk mempromosikan kerja sama internasional, termasuk organisasi perdagangan dunia (WTO).

Singapura adalah salah satu negara paling damai dan terkaya di dunia, karena pembunuhan dan tingkat kejahatan serta kekerasan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kriminal.

Slovenia

Menjadi sebuah negara Eropa yang indah, Slovenia juga merupakan salah satu negara paling damai di dunia. Negara ini mendapatkan nilai terendah dalam pendanaan untuk misi penjaga perdamaian PBB, jumlah polisi, dan petugas keamanan, serta tingkat kriminalitas yang dirasakan dalam masyarakat.

Selain itu, jumlah konflik internal terorganisir, protes keras, dan jumlah perang internal dan eksternal juga terendah.

Selain itu, dengan kota-kota yang indah seperti Maribor dan Ljubljana yang penuh dengan budaya yang unik, menjadikan Slovenia sebagai tujuan wisata yang fantastis.

Swedia

Salah satu negara Skandinavia yang paling indah, Swedia terletak di ujung utara Eropa. Kendati Swedia merupakan salah satu eksportir senjata terbesar di Eropa, negara ini memiliki tingkat perampokan yang rendah (hanya 9.000 per tahun) dibandingkan dengan Amerika Serikat (sekitar 350.000 per tahun).

Menurut Global Peace Index, Swedia merupakan salah satu negara paling damai di dunia, terlepas dari fakta bahwa negara itu termasuk eksportir senjata top dunia. Selain itu, Swedia belum berperang dan tidak berpartisipasi dalam pertempuran selama 2 abad.

Isladia

Islandia juga menduduki peringkat sebagai salah satu negara paling damai di dunia, tidak terlibat konflik utama di dunia. Islandia jarang atau tidak pernah menjadi berita utama, kendati bank-bank Islandia runtuh beberapa tahun yang lalu.

Negara ini juga tetap menjadi tempat dengan keindahan alam yang spektakuler. Wisatawan dari seluruh penjuru dunia datang ke Islandia untuk melihat gletser yang besar dan amukan gunung berapi, serta berbagai wisata alam dan budaya yang unik di Reykjavik, ibukota Islandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : travel.amerikanki.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro