Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wisata Lombok: Pesona Keindahan Pantai Pink Nan Perawan

Selain terkenal dengan tiga glinya, Lombok ternyata masih menyimpan pesona wisata lain yang masih perawan dan belum tersentuh banyak turis.
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 30 April 2014  |  22:40 WIB
Pantai Pink di Lombok Timur - Jibiphoto/Sukirno
Pantai Pink di Lombok Timur - Jibiphoto/Sukirno

Bisnis.com, MATARAM-- Pulau Lombok memang tak asing lagi bagi pelancong domestik maupun mancanegara karena memiliki pesona alam yang indah dan masih "perawan".

Selain terkenal dengan tiga glinya, Lombok ternyata masih menyimpan pesona wisata lain yang masih perawan dan belum tersentuh banyak turis.

Siapa tak kenal tiga gili yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan, tidak jauh dari pantai terkenal juga, Senggigi. Alam lain yang disuguhkan Lombok yakni puncak Gunung Rinjani yang memiliki danau segara anak.

Ternyata, pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu juga masih memiliki pesona wisata lain yang belum banyak dikenal para turis. Sebut saja Pantai Pink.

Tidak sesohor Pantai Pink di Flores, Nusa Tenggara Timur, yang tak jauh dari Taman Nasional Komodo, Pantai Pink di Lombok tepatnya terletak di Lombok Timur, Kecamatan Jerowaru, Desa Sekaroh, Dusun Tameak.

Jaraknya sekitar 2 jam dari Ibu Kota NTB, Mataram, atau sekitar 1,5 jam dari Bandara Internasional Lombok di Praya. Masyarakat lokal menyebut pantai ini dengan nama Pantai Tangsi.

Kenapa dinamakan Pantai Pink? Itu karena warna pink atau merah muda yang berasal dari pasir pantai berwarna merah muda. Biasanya, pasir di pantai lain berwarna putih, hitam atau kekuningan.

Warna pink pada pasir itu berasal dari butiran terumbu karang yang berwarna merah bercampur dengan butiran pasir putih. Warna pink akan semakin terlihat tatkala matahari terbit dan terbenam.

Garis pantai yang panjang dengan ombak yang tenang sangat cocok untuk dinikmati. Jernihnya air laut akan membuat pelancong ingin segera menceburkan diri untuk sekedar berenang, snorkling, ataupun menyelam.

Tak kalah menarik dari pemandangan atas pantai di balik bukit ini, Pantai Pink juga menawarkan pesona alam bawah laut yang luar biasa. Spot untuk snorkel tersedia cukup dangkal dengan dukungan air laut sejernih kristal.

Bahkan, pada titik penyelaman seperti dituturkan oleh warga setempat terdapat bukit terumbu karang berjarak sekitar 300 meter dari bibir pantai. Kawasan ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri dari kepadatan rutinitas sehari-hari.

Di pantai ini, belum ada fasilitas apa pun yang tersedia. Hanya rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar pantai. Dalam waktu dekat, investor asal Swedia akan membangun resor di pantai ini.

Akses menuju pantai ini terbilang sulit. Selain lokasinya yang bisa dibilang cukup jauh, jalanan yang buruk serta tidak adanya kendaraan umum membuat pelancong yang ingin menikmati Pantai Pink harus bersusah payah.

Untuk menuju Pantai Pink atau Pantai Tangsi, wisatawan harus menempuh rute menuju Lombok Timur ke arah Tanjung Ringgit. Sekitar 1 Km sebelum pintu masuk Tanjung Ringgit, terdapat pertigaan dengan tanda arah yang dibuat sederhana untuk menunjukkan Pantai Pink.

Hanya sekitar 50 meter dari pertigaan itulah terdapat surga yang dipastikan akan membuat siapa pun takjub. Ibarat mutiara di dalam lumpur, Pantai Pink layak disebut demikian karena keindahannya. Tertarik?


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata lombok
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top