Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PESTA WINE, Menikmati Keharuman di Chalonnes sur Loire-Prancis Barat

Prancis merupakan salah satu negara penghasil wine terbaik di dunia. Setiap distrik di Prancis menghasilkan wine dengan karakteristik tertentu sesuai dengan curah hujan dan iklim dari wilayah tersebut.
Gusti Ayu Agustina Riski
Gusti Ayu Agustina Riski - Bisnis.com 27 April 2014  |  12:00 WIB
Monsieur Boutin dan sweet wine Bourrase miliknya. Dengan ramah, ia menjelaskan tentang bagaimana menentukan kualitas wine yang baik.  - Gusti Ayu Agustina Riski
Monsieur Boutin dan sweet wine Bourrase miliknya. Dengan ramah, ia menjelaskan tentang bagaimana menentukan kualitas wine yang baik. - Gusti Ayu Agustina Riski

Bisnis.com, CHALONNES SUR LOIRE - Prancis merupakan salah satu negara penghasil wine terbaik di dunia. Setiap distrik di Prancis menghasilkan wine dengan karakteristik tertentu sesuai dengan curah hujan dan iklim dari wilayah tersebut.

Di wilayah tempat kami tinggal, Maine et Loire- Prancis Barat,  menghasilkan beragam anggur dengan citra kualitas terbaik. Beberapa di antaranya adalah Ackerman, Bouvet Ladubay.

Setiap tahunn, setiap winemakers mengadakan La fête du vin (pesta wine) sebagai ajang reunian. Pada kesempatan ini, para winemakers melalui Komite Federasi Wine Anjou mengadakan Pesta Wine Anjou ke 55 pada 22-23 Februari. Menariknya, acara ini terbuka untuk umum, dan gratis untuk reservasi tiket kereta TER untuk ke lokasi acara.

Setelah reservasi sebelumnya, kami berkumpul di Stasiun St. Laud di Angers pada Minggu, 23 Februari 2014 pukul 11.00 waktu setempat untuk mendapatkan tiket kereta TER gratis pergi-pulang (aller-retour) ke Chalonnes. Tiket kereta TER ditanggung oleh pihak panitia, sehingga kami tidak perlu merogoh kocek untuk transportasi ke tempat acara berlangsung. Ternyata tidak hanya menanggung pengunjung dari Angers saja, pihak panitia juga menanggung biaya transportasi kereta para pengunjung dari Cholet dan Chemille (termasuk wilayah Maine et Loire juga).

Setelah 15 menit perjalanan kami sampai di Stasiun Chalonnes. Cuaca cerah sekali hari itu, sehingga kami menyempatkan diri untuk berfoto di sekitar stasiun kecil yang tua itu. Ternyata ada pihak panitia yang dengan sabar menunggu kami untuk menghantarkan kami ke lokasi acara, menggunakan kereta kecil.

Sepanjang perjalanan, kami disuguhi pemandangan dari sungai Layon yang merupakan salah satu warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO, serta gereja tua yang terletak di tepi sungai. Hanya 3 menit, kami sudah sampai tempat acara berlangsung. Pengunjung sudah mulai berdatangan sejak pagi tadi dan mulai asyik mengelilingi stands yang tersedia di lokasi acara.

Terdapat tenda besar tempat makan dan petunjukan musik tradisional, tampak juga berbagai bentuk mobil keluaran Renault yang menjadi sponsor dalam acara ini pada pintu gerbang lokasi, dan sebuah gedung dengan spanduk “Salon de Degustation” atau artinya tempat mencicipi wine, serta pasar loak di sekitar lokasi karena bertepatan hari minggu dimana setiap hari minggu pasar loak buka stand di area tersebut.

Pada salah satu stand wine milik Thomas Boutin, dengan ramah ia menjelaskan sweet wine miliknya yang berlabel “Bourrase”. Ia menjelaskan ternyata usia wine bukanlah faktor utama dari kualitas wine, melainkan dari curah hujan atau faktor iklim dan cuaca ketika anggur tersebut ditanam. Sebab, setiap tahun iklim berbeda, maka dapat mempengaruhi kualitas anggur sebagai bahan utama dari produksi wine.

Kemudian terdapat cerita romantis yang datang dari winemakers bangsawan E.A.R.L Robin Louis yang memproduksi wine miliknya Bonnezeaux. Awalnya, ia memproduksi wine untuk anaknya yang masih kecil, dimana segementasi pasarnya adalah anak- anak sehingga anak- anak  dapat mengkonsumsi wine miliknya di dalam labelnya “pour les enfants” (untuk anak-anak). Kemudian setelah anaknya sudah dewasa, maka ia memproduksi wine untuk istrinya dalam label “pour ma femme” (untuk istriku) dalam seri wine Bonnezeaux.

Mujur bagi kami, ketika kami asyik mencicipi wine dari winemakers terbaik di Maine et Loire, ada Miss Anjou 2014 dan Miss Anjou Runner up 2014 beserta Miss Anjou Daphine 2014 menyapa kami. Tampak Direktur Acara Pesta Wine Anjou- Maine et Loire, Monsieur Dominique Pairochon dengan ramahnya menyapa kami dan mengajak kami berfoto bersama.

Tidak hanya berfoto, dia sangat tertarik kepada kami karena kami adalah pengunjung atau wisatawan terjauh (dari Indonesia) yang datang ke event ini. Sehingga dia benar- benar menyambut kami dengan baik dan menjelaskan panjang lebar tentang asal usul event Pesta wine di Anjou ini.

Monsieur Dominique menjelaskan bahwa tujuan dari even ini adalah sebagai ajang silaturahmi dari berbagai winemakers di Anjou-Maine et Loire. Dan juga sebagai wujud apresiasi dari Komite Federasi Wine Anjou kepada berbagai pihak yang telah menciptakan banyak wine terbaik dengan citra rasa dan kualitas terbaik yang dapat diberikan untuk Perancis dan khususnya untuk wilayah Anjou-Maine et Loire bagi penggemar wine di seluruh dunia.

Bila Anda adalah pengunjung yang tidak tahu menahu tentang seluk beluk wine, maka di sudut gedung terdapat “Ecole de Degustation” atau pengetahuan tentang mencicipi anggur. Pada stand tersebut terdapat video dan informasi lengkap tentang seluk beluk wine dan bagaimana mencicipi dengan cara yang benar. Waktu menujukkan pukul 5 sore, waktunya kami pulang ke tempat kami di Angers. Kami pun diantarkan oleh kereta kecil yang sama menuju stasiun Challone de Loire. Tak berapa lama kemudian kereta TER menuju Angers pun tiba. Kami bersyukur dapat pengalaman untuk merayakan pesta wine Anjou di Chalonnes- Maine et Loire, Prancis Barat.

Terdapat acara pesta wine tahunan semacam ini di seluruh region di Prancis dan Eropa. Sebut saja di region Bordeaux pada setiap bulan Juni, Saint-George di Bourgonne pada setiap bulan Oktober, di Montpellier setiap bulan November. Jika Anda tertarik berkunjung, anda dapat mengunjungi Chalonnes sur Loire pada akhir minggu di bulan Februari. Selamat berpetualang.

*) Gusti Ayu Agustina Riski, Pecinta Perjalanan


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis wine
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top