Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AGEN TRAVEL ONLINE: Aplikasi Mobil Belum Berkembang

Agen travel online sudah lebih meningkat di Indonesia. Pengguna internet di Indonesia tergolong rendah di Asia Tenggara, namun bisnis agen travel online sedang meningkat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 April 2014  |  01:10 WIB
Aplikasi mobile untuk travelling lebih praktis  - Bisnis.com
Aplikasi mobile untuk travelling lebih praktis - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Agen travel online sudah lebih meningkat di Indonesia. Pengguna internet di Indonesia tergolong rendah di Asia Tenggara, namun bisnis agen travel online sedang meningkat.

"Online travel mulai tahun lalu meningkat cepat. Pada 2012 banyak orang yang ingin booking online tapi setelah dipikir-pikir batal. Tahun 2013 orang sudah berani mau mencoba. Tahun ini mau booking online dan sudah biasa," ujar Fery Unardi, Managing Director Traveloka, Rabu (23/4/2014).

Namun perkembangan online travel ini tidak dibarengi dengan perkembangan aplikasi mobile travel. Hampir setiap travel agent sudah melengkapi dengan fasilitas aplikasi mobile. Namun perkembangannya belum signifikan.

Gaery Undarsa, Managing Director&Co-founder Tiket.com, dalam seminar Web in Travel Rabu, salah satu penyebab sulit berkembangnya mobile aplikasi adalah booking secara online di Indonesia masih sangat baru dan akses pembayaran melalui mobile belum dilakukan oleh semua pelanggan online travel.

Dalam acara yang sama Hengky Prihatna, Head of Travel Google Indonesia, memaparkan baru sedikit orang Indonesia yang menggunakan aplikasi mobile untuk traveling.

Sisanya tidak menggunakan aplikasi mobile karena tidak mau terikat dengan sistem booking di aplikasi mobile.

"Ada juga karena sinyal HP/telepon genggam (untuk menggunakan aplikasi mobile) lambat dan tidak percaya dengan sistem pembayaran mobile payment," ujar Hengky.

Padahal dalam segi kepraktisan, aplikasi mobile untuk travelling lebih praktis karena bisa digunakan di mana pun dan kapan pun. Namun kembali lagi, sistem pembayaran yang menggunakan online juga menjadi salah satu penyebab tidak berkembangnya aplikasi mobile di Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

travel

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top