Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lezatnya Menyantap Woku di Ex Plaza Jakarta

Dari beberapa restoran yang menyajikan masakan khas Sulawesi, di Jakarta, Restoran Woku menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi. Restoran ini memang benar-benar akan memanjakan lidah para pecinta masakan Sulawesi.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 21 April 2014  |  20:05 WIB

Bisnis.com, JAKARTA- Menikmati masakan khas Sulawesi tidak perlu menyambangi ke daerahnya langsung. Kini, di kawasan eX Plaza Jakarta, beragam menu masakan Sulawesi bisa kita lahap dengan mudah. Dan tentunya dengan harga terjangkau pula.

Dari beberapa restoran yang menyajikan masakan khas Sulawesi, di Jakarta, Restoran Woku menjadi salah satu rekomendasi untuk dikunjungi. Restoran ini memang benar-benar akan memanjakan lidah para pecinta masakan Sulawesi.

Dari sejumlah nama masakan paling dicari dari Sulawesi, salah satunya adalah Kaledo. Sejenis makanan khas Sulawesi yang sangat terkenal ini menjadi pilihan favorit orang Sulawesi. Masakan ini berasal dari Kota Palu, Sulawesi Tengah yang terbuat dari kaki lembu donggala, sehingga orang menyebutnya dengan Kaledo.

Kaledo yang ditawarkan di Woku benar-benar lezat dan gurih. Rasa asam menempel kuat sebagai ciri khas Kaledo. Masakan tersebut disajikan dengan wadah khusus agar temperatur panasnya teratur. Ketika Anda melihat penampilan kuahnya saja, Kaledo seperti akan menghipnotis mata yang tak sabar untuk segera melahapnya. Apalagi, aroma yang tersaji ketika sang pelayan menyajikan di meja. Begitu asapnya menyeruak, aromanya sangat wangi dan berhasil menampar hidung.

Ya. Terdapat cara tersendiri untuk menyantap Kaledo. Anda bisa menyeruput kuahnya melalui tulang sumsum gurih yang bikin ketagihan. Jangan lupa, ada sambal khusus agar kenikmatan Kaledo semakin sempurna ketika disantap. “Sebetulnya memasak Kaledo hanya menggunakan bumbu khas makasar saja. Tidak muluk-muluk,” kata Umiyanti sang koki Woku.

Untuk memasak Kaledo, sang koki hanya mengolah bahan-bahan semacam cabe rawit, garam, asam dan daging plus iga 1 kilogram untuk 1 porsi. Kemudian bumbu-bumbu tersebut diulek dengan halus yang kemudian direbus dan dikasih air secukupnya hingga kuahnya terasa wangi.

Bukan hanya Kaledo saja yang ditawarkan Woku. Ada juga menu Nasi Goreng Roa yang terbuat dari ikan roa. Nasi goreng ini tampak cantik dengan tampilan yang kecokelatan. Ikan roa yang digoreng sangat pas dan gurih. Bisa juga, ikan roa ini dimakan dengan menu lain karena sajiannya terpisah dari nasi goreng tersebut. Bahkan, untuk dimakan sebagai camilan pun, ikan roa yang diiris kecil-kecil ini cocok untuk sekadar menjadi teman mengobrol bersama teman atau keluarga.

Namun, bukan namanya restoran khas Sulawesi bila tidak menawarkan Coto Makassar. Di Restoran Woku, Anda dijamin akan ketagihan manakala mencoba semua masakan yang disajikan. Selain pilihan menunya lezat, Woku juga memanjakan pelanggan dengan tempat yang bersih, nyaman dan mampu membuat betah. Sehingga, ketika menyantap Coto Makassar, suasana yang terbayang adalah sebuah daerah di mana masakan tersebut tercipta.

Tampilan Coto Makassar ketika disajikan betul-betul menggugah selera. Bawang goreng, bawang daun dan daging tampak mengambang ke permukaan sehingga mengoceh perut. Aroma bumbu yang menyembul ke udara membuat Anda tak sabar untuk segera mencicipi Coto Makassar. Dan benar saja, setelah diicip, Coto Makassar Woku memang benar-benar juara. Karakter bumbunya sangat terasa kuat. Bumbunya pas dan lezat. Apalagi jika ditaburi sambal khusus yang diulek secara mendadak. Hmm... Rasanya campur aduk antara gurih dan pedas.

Dan, satu menu lagi yang tidak boleh dileatkan dari Restoran Woku, yakni Brenebon. Jenis masakan ini juga cukup terkenal di daerah Sulawesi. Brenebon merupakan sup kacang merah yang dicampur dengan daging sapi. Sup kacangnya empuk lantaran direbus dengan matang. Untuk menemani santapan lezatnya Brenebon, ada baiknya Anda juga mengonsumsi es jeruk Manado. Minuman ini menjadi salah satu yang direkomendasikan di Restoran Woku.

Bagi Anda yang penasaran untuk mencicipi beragam masakan Woku, Anda tidak perlu merasa was-was. Karena, masakan khas Sulawesi ini bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Bayangkan, untuk menyantap Kaledo saja Anda hanya akan merogoh kocek Rp65.000, Coto Makassar Rp60.500, Brenebon Rp65.000 serta aneka nasi goreng sekitar Rp45.000. Sementara, aneka minuman yang disajikan berkisar antara Rp12.500-Rp37.500.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner
Editor : Miftahul Khoer

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top