Travel

Inilah Tips Liburan Murah Dan Menyenangkan

 Duwi Setiya Ariyanti
Minggu, 20 April 2014 - 02:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Terkadang berlibur dapat membuat pengeluaran tak bisa direm. Berikut tips liburan tanpa beban dengan membuat perencanaan keuangan.

Untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Apalagi, harus membuat anggaran keuangan menjadi defisit. Kekuatannya berada perencanaan keuangan yang matang.

"Yang pasti harus planning dari jauh-jauh hari," ujar Aidil Akbar Madjid kepada Bisnis.com, Sabtu (19/4/2014).

Menurutnya, untuk memanfaatkan waktu liburan harus dibuat rencana perjalanan. Hal ini dapat dilihat dari: tujuan wisata, moda transportasi yang dipilih, akomodasi dan aktivitas yang dilakukan.  "Liburan kan enggak harus ke luar kota atau ke luar negeri. Kalau intinya mau liburan dengan keluarga, di dalam kota juga bisa seperti ke museum," tambahnya.

Ia juga mengatakan jika waktu liburan relatif singkat maka pilihan moda transportasi hanya tertuju pada pesawat terbang.
 

"Kalau mau naik pesawat terbang, harus pesan jauh-jauh hari. Pesan lewat [situs pemesanan tiket ] online. Terus cari yang promo," jelasnya.

Lebih lanjut, untuk mendapat tiket dengan harga promo harus memesan di malam hari. Menurutnya pemesanan tiket dengan cara ini bukan tanpa risiko. Jika ada keperluan mendadak, maka tiket yang dibeli akan hangus.

Akomodasi yang dipilih ketika berlibur pun harus dipikirkan sebelum berlibur. "Misalnya tempat tinggal di Bali, enggak usah cari yang mahal. Kan sudah banyak hotel-hotel yang Rp300.000-an," tandasnya.

Hal penting lainnya yang harus ditentukan ialah aktivitas yang akan dilakukan. Ia menyarankan untuk lebih memilih wisata alam daripada ke taman hiburan. Kemampuan finansial akan sangat menentukan aktivitas ketika berlibur.

"Kalau ke Bali tapi main watersport. Ke Singapura tapi malah ke mall dan belanja padahal enggak sesuai anggaran, ya pasti bisa defisit," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro