Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DESTINASI WISATA: Pemerintah Undang Investor Garap 15 Kawasan Wisata

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama sejumlah Pemerintah Daerah telah menawarkan 15 kawasan wisata yang layak dan siap untuk dikembangkan oleh para investor.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 20 April 2014  |  22:36 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama sejumlah Pemerintah Daerah telah menawarkan 15 kawasan wisata yang layak dan siap untuk dikembangkan oleh para investor.

Lokasi wisata tersebut berada di Sabang, Provinsi Aceh, Kabupaten Tobasa (Toba Samosir) di Sumatra Utara, Pulau Bintan  di Kepulauan Riau, Kepulauan Anambas, Sungai Bono Tidal Bore di Provinsi Riau, Belitung di Provinsi Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Provinsi Banten.

Selain itu ditawarkan pula pengembangan investasi di lokasi Wangi-Wangi dan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Bugam Raya di Kalimantan Tengah, Grand Kawanua Internasional City di Sulawesi Utara, Marine Tourism Triangle di Maluku.

Khusus di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pemerintah menawarkan empat lokasi wisata a.l. Teluk Mekaki, Mandalika Resort, Medana Bay Marina dan Tanjung Ringgit dengan total areal seluruhnya mencapai 1.857,4 hektar.

Firmansyah Rahim, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf mengatakan sebetulnya terdapat 89 kawasan wisata yang dapat dikembangkan untuk investasi pariwisata, Namun saat ini pihaknya baru menawarkan 15 kawasan yang dinilai paling siap.

Untuk menarik investor, pihaknya pun telah menyiapkan berbagai informasi mengenai kesiapan lahan, pemetaan lokasi tata ruang, daya tarik wisata, serta potensi yang dapat dikembangkan pada masing-masing lokasi wisata, termasuk aksesabilitas.

“Kami sudah siapkan semua sehingga investor tinggal pilih masuk saja. Banyak yang sudah melihat lokasi dan menunjukkan ketertarikannya,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

destinasi wisata
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top